Rahasia Dibalik Hits: Faktor Penentu Kesuksesan Lagu di Era Streaming

Selasa, 02 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
Rahasia Dibalik Hits: Faktor Penentu Kesuksesan Lagu di Era Streaming
Studi Monash University mengungkap rahasia sukses lagu di era streaming seperti sekarang. Foto: Spotify
A A A
JAKARTA - Riset yang dirilis Spotify memaparkan tren kebiasaan musik di Indonesia. Periset dari Monash University, Indonesia, menemukan bagaiamana algoritma musik yang populer di era streaming seperti sekarang.

Harriman Samuel Saragih, Asisten Profesor dari Departemen Inovasi Bisnis, Monash University, Indonesia dalam studi bertajuk “Predicting song popularity based on Spotify's audio features: insights from the Indonesian streaming users” menyebut fitur audio, yang bisa didapatkan dari layanan streaming, mempengaruhi preferensi dan popularitas lagu di Tanah Air.

Penelitian tersebut melibatkan sampel acak dari 10 kota, yang terdiri dari 560 responden generasi Milenial dan 602 responden Gen Z.

Hasilnya, sebanyak 33% generasi Milenial dan 38% Gen Z terbukti sering kali mengeksplorasi musik baru dengan mengandalkan rekomendasi musik dari platform streaming.

Penelitian itu juga mengungkap genre musik pop mendominasi dengan 50% preferensi, diikuti K-pop dengan hampir 15%.

“Studi ini memanfaatkan data dari Spotify dan memilih pengguna streaming dari Indonesia sebagai sampel yang representatif,” ujar Harriman.

Dengan menganalisis berbagai atribut audio yang meliputi tempo, energi, dan irama yang danceable, serta aspek instrumental dari sebuah lagu, penelitian ini menggunakan metode machine learning untuk memprediksi popularitas sebuah lagu.

“Hasil studi menemukan pengguna streaming di Indonesia umumnya menyukai lagu yang fresh, happy, positive & danceable,” jelas Harriman.

Temuan tersebut pun antara lain memberikan titik terang mengapa lagu ‘Seven’ yang dibawakan oleh Jungkook dari BTS dengan mudah memenangkan hati para anak muda.

Faktor yang berpengaruh terhadap popularitas sebuah lagu di Tanah Air
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2474 seconds (0.1#10.140)