6 Alasan Mengapa Android Lebih Unggul dari iPhone

Senin, 01 April 2024 - 15:04 WIB
loading...
6 Alasan Mengapa Android Lebih Unggul dari iPhone
Android, walau dianggap lebih murah daripada iPhone, tapi memiliki keunggulannya sendiri. Foto: Lifewire
A A A
JAKARTA - Pengguna iPhone dan Android memang berbeda. Dua-duanya punya alasan mengapa memilih kedua sistem operasi tersebut.

Meski banyak menghadirkan fitur menarik, HP Android masih terus dianggap lebih jelek atau kurang bergengsi dibandingkan iPhone. Padahal, sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Sebab ada sederet hal yang menjadikan perangkat Android unggul dan diminati.

Keunggulan ini menjadikan HP yang berjalan di sistem operasi buatan Google ini melampaui iPhone. Nah, berikut ini sederet alasan kenapa Android lebih unggul dari iPhone, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (1/4/2024).

1. Punya beragam hardware dan form factor

Smartphone Android berasal dari banyak produsen berbeda. Dengan demikian selalu dapat menemukan smartphone Android dengan desain, warna, atau bentuk yang beragam.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Android termasuk dua slot SIM, layar sentuh besar, stylus, layar tepi, dan sebagainya. Fitur yang tidak dimiliki oleh perangkat iPhone.

2. Pengisi daya universal

Dibandingkan dengan kabel lightning, USB-C menjadi universal karena hampir setiap perangkat, termasuk Mac Apple dan beberapa iPad, mendukung pengisi daya USB-C. Belum lagi pilihan pengisian daya Android lebih cepat.

3. Lebih banyak opsi penyimpanan

Tidak seperti iPhone, semua perangkat Android hadir dengan penyimpanan yang dapat diperluas, sehingga memungkinkan pengguna menggunakan kartu Micro SD untuk menyimpan file penting tanpa menghabiskan penyimpanan smartphone.

Selain itu, dalam hal penyimpanan cloud, pengguna Apple hanya mendapatkan ruang kosong 5GB di penyimpanan iCloud. Namun dengan Google Drive, pengguna Android mendapatkan ruang kosong sebesar 15GB.

4. Bisa dikustomisasi

Hal baik lainnya tentang menggunakan Android adalah pengguna bisa mengontrol sepenuhnya penyesuaian perangkat. Tidak seperti iPhone yang memiliki sistem keamanan yang sangat ketat, Android memberi kebebasan untuk menyesuaikan perangkat sesuai dengan kebutuhan.

Android memungkinkan pengguna mengubah tampilan dan nuansa perangkat sepenuhnya. Dan pengguna tidak dibatasi untuk mengunduh aplikasi hanya dari Play Store tetapi juga platform pihak ketiga.

5. Pengaturan Komprehensif

Android dan iPhone mendukung pintasan serupa untuk mengakses pengaturan sistem umum. Pengguna dapat mengakses pengaturan seperti mode pesawat, wifi, Bluetooth, dan banyak lainnya di iPhone melalui pusat kendali.

Sedangkan di Android, pengguna harus menggesek ke bawah untuk mengakses pengaturan serupa. Tetapi pusat kendali iPhone tidak mengizinkan untuk mengakses halaman pengaturan utama dari sana, berbanding terbalik dengan Android.


6. Harga terjangkau

Eksklusivitas Apple tidak memungkinkannya membuat perangkat di setiap rentang. Namun, perangkat Android memiliki konfigurasi, desain, dan spesifikasi yang berbeda dari produsen yang berbeda.

Artinya, pengguna selalu dapat menemukan perangkat Android yang sesuai dengan anggaran dan memiliki semua yang dibutuhkan. Atau bisa dibilang, smartphone Android lebih terjangkau bagibanyakorang.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)