Singapura dan Pakistan Ciptakan Serial AI tentang Nabi Muhammad SAW

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:30 WIB
loading...
Singapura dan Pakistan Ciptakan Serial AI tentang Nabi Muhammad SAW
Serial web Muhammad: Rahmat untuk Seluruh Alam merupakan hasil kolaborasi Qalbox di MuslimPro dan Quranscape. (Foto: Youtube)
A A A
JAKARTA - Serial web tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW telah dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI) oleh para kreator di Pakistan dan Singapura. Mereka telah membuat karya luar biasa yang berbeda dari batasan produksi tradisional.

Serial ini diberi nama "Muhammad: Rahmat untuk Seluruh Alam". Serial web ini adalah hasil kolaborasi Qalbox di MuslimPro dan Qur'anscape.

Serial ini berfokus pada peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW . Serial ini juga membahas kepribadian dan sifat mulia Nabi tercinta.

Dilansir dari Islamic Information, Kamis (28/3/2024), para individu yang mengerjakan serial web ini berasal dari berbagai negara. Yaitu, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan Pakistan. Sementara individu yang terlibat adalah penulis Script Fatima Sattar dari Lahore, produser Abbas Arslan dari Qur'anscape, sutradara Eman Khalid, dan produser eksekutif Junaidah Bte Said Khan dari Qalbox.



Dalam kesempatan ini, Abbas Arslan menyoroti peran AI dalam menawarkan wawasan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Menurut dia, AI telah menghilangkan batasan biaya dan waktu. AI mengubah ide manusia menjadi kenyataan yang diperlukan untuk proyek-proyek ini.

Sementara penulis skenario Fatima Sattar menyatakan memulai penelitiannya dengan ceramah Yasir Qadhi. Yasir Qadhi adalah seorang sarjana dan teolog Muslim Pakistan-Amerika.



Dia mengatakan karena keterbatasan waktu, penelitian yang dilakukan tidak banyak. Namun, kesalahannya diperbaiki oleh Mufti yang ada di tim.

Menurut sutradara, penelitian dan penulisan skenario serupa dengan pembuatan film tradisional. Namun, perubahannya terjadi pada tahap pembuatan. AI digunakan untuk mengubah skenario menjadi gambar dan kemudian menjadi video dengan menggunakan suara AI.

Menurut tim, menciptakan kembali lingkungan dan budaya dari zaman Nabi Muhammad adalah sebuah tantangan. Serial web ini memiliki total 10 episode. Qalbox by MuslimPro telah merilis dua episode.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2103 seconds (0.1#10.140)