8 Cara Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Anda

Selasa, 26 Maret 2024 - 20:55 WIB
loading...
8 Cara Memperpanjang Daya Tahan Baterai iPhone Anda
Cara memperpanjang daya tahan baterai iPhone penting dipahami. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Daya baterai yang tahan lama pada ponsel sangat penting. Ketika iPhone menua, baterainya ikut melemah, dan masa pakainya menjadi lebih pendek.

Jika Anda merasa iPhone Anda tidak bertahan selama dulu, ikuti tips di bawah ini. Tips berikut tidak akan memperbaiki kerusakan baterai, namun akan memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap pengisian daya.

1. Matikan Background App Refresh

Aplikasi iPhone cenderung melakukan refresh secara otomatis agar siap digunakan. Ini akan terus-menerus menguras baterai di background. Bayangkan berapa banyak baterai yang terpakai jika ponsel Anda penuh dengan aplikasi.

Tidak apa-apa untuk mematikan Background App Refresh karena aplikasi akan selalu dapat menyegarkan diri saat dibuka.
Buka General > Background App Refresh > Background App Refresh (lagi) dan pilih Off.

2. Batasi Layanan Lokasi

Layanan lokasi berjalan di latar dan menguras baterai tanpa Anda sadari. Baterai terbuang sia-sia jika selalu membagikan lokasi dengan aplikasi tertentu. Ubah ke “Saat menggunakan app”.

Buka Settings > Privacy dan telusuri daftar aplikasi untuk melihat jika ada yang tertulis ‘Always’ pada nama mereka. Jika ada, klik aplikasinya dan pilih While Using the App dari daftar. Jika Anda merasa aplikasi tersebut tidak memerlukan lokasi Anda, pilih Never.

3. Perhatikan Suhu Ponsel

Menurut panduan pengguna iPhone Apple, iPhone dirancang untuk bekerja pada suhu sekitar 0 hingga 35 derajat Celsius dan disimpan dalam suhu -20 hingga 45 derajat Celcius.

Panduan ini juga menambahkan bahwa masa pakai baterai iPhone dapat berkurang jika disimpan atau dioperasikan di luar kisaran suhu tersebut.
Artinya, untuk mengoptimalkan kinerja iPhone, Anda perlu memperhatikan suhunya. Jika Anda berada di tempat yang dingin, jaga agar tetap hangat dengan memasukkannya ke dalam saku jaket Anda.

4. Nyalakan Low Power Mode

Low Power Mode mengurangi aktivitas background seperti unduhan otomatis dan pengambilan email, serta mengurangi refresh rate display. Membuat ponsel Anda tidak terlalu boros daya. Notifikasi tetap masuk dan ponsel berfungsi normal.

Low Power Mode otomatis aktif saat baterai di bawah 20%. Namun, jika ingin mengaktifkannya secara manual, buka Settings > Battery dan nyalakan tombol Low Power Mode.

Lebih mudah menambahkan fitur ini ke Control Center sehingga Anda cukup geser ke bawah pada layar dan klik ikon baterai saat ingin mengaktifkannya. Untuk menambahkannya ke Control Center, buka Settings > Control Center dan tekan ikon plus hijau di sebelah Low Power Mode.

5. Matikan Wi-Fi, Bluetooth, Cellular Data, dan Airdrop

Fitur seperti Wi-Fi dan Airdrop menguras baterai dengan terus mencari koneksi terdekat. Mematikan semuanya adalah kebiasaan baik sebelum tidur.
Untuk mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan Data, geser ke bawah pada layar dari kanan atas dan ketuk ikon yang sesuai. Anda dapat mematikannya di Settings juga.

Untuk Airdrop, buka Settings > General > Airdrop dan klik Receiving Off.

6. Turunkan Kecerahan Layar

Ada alasan mengapa Low Power Mode membuat tampilan kurang cerah. Semakin tinggi kecerahannya, semakin boros baterai. Kecuali Anda berada di luar ruangan, turunkan kecerahan di Control Center. Geser ke bawah pada layar dari kanan atas dan geser ke bawah slider kecerahannya. Atau, buka Settings > Display & Brightness dan atur slidernya.


7. Nyalakan Auto-Lock

Semakin lama tampilan Anda menyala, semakin banyak baterai yang terpakai. Nyalakan auto-lock jika Anda selalu mematikan layar secara manual. Buka Settings > Display & Brightness > Auto-Lock. Setelah Anda melihat semua opsi, ubah dari Never ke opsi pilihan Anda. Dua menit atau kurang sudah cukup.
Jika Auto-Lock berwarna abu-abu, berarti Low Power Mode Anda aktif. Dan diatur ke 30 detik otomatis.

8. Perbarui iOS

Buka Settings > General > Software Update untuk mengetahui apakah Anda perlu memperbaruiatautidak.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)