China Siap Hadirkan Robot Humanoid Tercepat di Dunia, Ini Detailnya

Minggu, 17 Maret 2024 - 13:41 WIB
loading...
China Siap Hadirkan Robot Humanoid Tercepat di Dunia, Ini Detailnya
Unitree H1 Evolution V3.0. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Robot humanoid tercepat di dunia berhasil dikembangkan perusahaan asal China. Diberi nama Unitree H1 Evolution V3.0, kemampuan berlari robot humanoid satu ini telah beredar luas dalam video yang banyak bermunculan dan bisa diakses lewat internet.



Dalam pernyataan resminya, dikutip dari YouTube Unitree Robotic, Minggu (17/3/2024) robot humanoid yang dijuluki H1 ini mampu berlari dengan kecepatan 3,3 meter per detik. Capaian ini mengalahkan rekor sebelumnya yang hanya di angka 2,5 meter per detik.

Di video, Robot H1 yang memiliki wujud seperti manusia, dengan dua tangan, dua kaki, badan, dan kepala tampak berlari mengenakan kaos dan celana panjang serba hitam. Gerakannya terbilang cepat meski tak semulus gerakan robot Optimus Elon Musk.

Robot H1 yang memiliki tinggi 1,8 meter dengan bobot kurang dari 30kg itu juga terekam menari bersama dengan dua robot lainnya yang sejenis. Video memperlihatkan keseimbangan dan kelincahan robot tersebut, karena ia dapat bergerak melompat setinggi manusia.

Robot juga terampil dalam mengambil objek dari robot anjing serta menaiki tangga kecil sebelum berputar. Dalam video lain, robot tersebut ditendang untuk menunjukkan bagaimana ia mendapatkan kembali keseimbangannya ketika kontak fisik dengan benda lain.

Menurut perusahaan, robot tersebut dapat menahan beban seberat 30 kg, dan mengatakan rahasia kekuatan robot terletak pada pinggul dan lututnya karena menghasilkan torsi yang kuat.

Dan jika ditanya bagaimana robot mengetahui lingkungan di sekitarnya, robot dapat menavigasi dunia di sekitarnya berkat kombinasi kamera dan sensor Lidar (deteksi dan jangkauan cahaya) yang tertanam di kepalanya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)