Cara Kosongkan Memori iPhone Tanpa Hapus File Galeri

Minggu, 17 Maret 2024 - 12:10 WIB
loading...
Cara Kosongkan Memori iPhone Tanpa Hapus File Galeri
Cara Kosongkan Memori iPhone. FOTO/ THE VERGE
A A A
CUPERTINO - Masalah kehabisan ruang penyimpanan banyak dijumpai para pengguna iPhone, terutama bagi mereka yang memutuskan membeli iPhone versi terendah. Biasanya untuk mengatasinya dilakukan dengan cara membersihkan file galeri.



Perlu diketahui bahwa untuk mengosongkan memori iPhone sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus menghapus momen berharga yang diambil dari kamera. Pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan iOS untuk mengosongkan penyimpanan di iPhone.

Ada dua fitur bawaan iOS yang dapat membantu pengguna membersihkan sejumlah besar penyimpanan di iPhone. Nah tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah langkah-langkah untuk memanfaatkannya, sebagaimana dihimpun dari CNET pada Minggu (17/3/2024).

Optimalkan foto dan video yang sudah tersimpan di perangkat

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengosongkan memori iPhone tanpa hapus file galeri adalah dengan mengoptimalkan foto dan video yang sudah tersimpan di perangkat. Buka Pengaturan > Foto dan aktifkan Optimalkan Penyimpanan iPhone.

Agar ini berfungsi, pengguna harus mengaktifkan dahulu pengaturan Foto iCloud. Nantinya semua foto dan video beresolusi tinggi akan ditransfer ke iCloud, sementara yang lebih rendah disimpan di perangkat sehingga bisa menghemat kapasitas memori.

Offload aplikasi yang jarang digunakan

Beberapa aplikasi mungkin jarang digunakan namun terlalu penting untuk dihapus, solusinya adalah dengan melakukan offload aplikasi. Jika memori perangkat sudah terlalu penuh, pengguna dapat dengan mudah offload aplikasi, yang merupakan jalan tengah antara menyimpan dan menghapus aplikasi.

Caranya cukup buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone dan periksa aplikasi mana yang jarang digunakan namun memakan ruang penyimpanan paling banyak. Jika sudah ditentukan, klik aplikasi tersebut lalu pilih offload apps.

Tunggu sebentar dan aplikasi akan dihapus secara offline, sementara dokumen dan data yang ada didalamnya akan tetap disimpan di perangkat. Dokumen dan data ini bisa kembali didownload dan bisa digunakan kembali hanya dengan cara membuka aplikasi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)