Shigeichi Negishi Pencipta Karaoke Meninggal Dunia pada Usia 100 Tahun

Minggu, 17 Maret 2024 - 09:09 WIB
loading...
Shigeichi Negishi Pencipta Karaoke Meninggal Dunia pada Usia 100 Tahun
Shigeichi Negishi Pencipta Karaoke tutup Usia. FOTO/ DAILY
A A A
TOKYO - Penemu mesin karaoke Shigeichi Negishi dilaporkan meninggal pada usia 100 tahun pada Kamis di Jepang karena usia tua, menurut putrinya.



“Negishi meninggal karena sebab alamiah setelah terjatuh,” menurut putrinya, Atsumi Takano seperti dilansir dari Japan Times, Minggu (17/3/2024).

Negishi menemukan mesin karaoke pada tahun 1967 setelah mendapatkan ide untuk membuat mesin yang memungkinkan siapa pun menyanyikan lagu favoritnya kapan pun diperlukan.

Bahkan ia disebut-sebut punya kebiasaan mendengarkan program radio Lagu Pop Tanpa Lirik setiap pagi di Jepang yang disiarkan minus satu di Jepang.

Hingga suatu pagi ia ditegur oleh staf perusahaan Nichiden Kogyo tempatnya bekerja karena bernyanyi sendirian saat memasuki kantor.

Ia kemudian mendapat ide untuk menggunakan rekaman delapan track siaran Lagu Pop Tanpa Lirik yang kemudian dipadukan dengan sistem speaker, mikrofon, dan mesin ATM.

Dengan mesin ini ia dapat bernyanyi dengan dukungan musik latar bila diperlukan.

Lagu pertama yang diputar di mesin karaoke adalah MujĹŤ No Yume yang populer di Jepang.

Mesin karaoke pertama yang diproduksi oleh Shigeichi adalah Sparko Box dengan lampu berkedip di bagian depan dan meja putar delapan track yang dapat diubah sesuai lagu yang akan diputar.

Perkembangan teknologi karaoke terus berlanjut, dan diprediksi akan semakin canggih di masa depan.

Teknologi baru seperti AI dan machine learning dapat membuka kemungkinan baru untuk pengalaman karaoke yang lebih personal dan interaktif.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)