Teknologi Futuristik, Perangkat Pengubah Suhu Ruangan Buatan China

Senin, 11 Maret 2024 - 14:46 WIB
loading...
Teknologi Futuristik, Perangkat Pengubah Suhu Ruangan Buatan China
Perangkat pendingin radiasi nol energi. (Foto: Journal of Photonics for Energy)
A A A
JAKARTA - Perubahan cuaca di negara-negara empat musim menginspirasi para ilmuwan menciptakan alat pengubah suhu ruangan hemat energi.

Para peneliti di Universitas Teknologi Wuhan, China telah membuat kemajuan besar dengan sesuatu yang disebut Pendingin Radiasi Beralih Nol Energi (ZESRC). Hebatnya, perangkat ini tidak memerlukan daya tambahan untuk melakukan keajaibannya.

Laman Knowridge melansir, Senin (11/3/2024), kemampuan ZESRC terbentuk daribahan-bahan dasar yang bisa berubah saat mereka menjadi lebih hangat atau lebih dingin untuk beralih antara membuat bangunan lebih hangat atau lebih dingin. Ide sederhana namun cerdas ini cukup membantu menjaga ruang dalam nyaman tanpa menggunakan lebih banyak energi.

Alat inovatif ini telah diuji di berbagai kondisi. Kemampuannya menurunkan suhu hingga 7,1° C (sekitar 12,8° F) di musim panas dan menaikkannya hingga 7,5° C (sekitar 13,5° F) selama musim dingin dingin.



ZESRC benar-benar bisa membuat perbedaan sepanjang tahun.Tim juga membuat peta untuk menunjukkan seberapa baik ZESRC bekerja di berbagai iklim.

Mereka menemukan alat ini mengurangi energi yang digunakan oleh bangunan hingga 14,3% dibandingkan dengan sistem lain yang hanya memanaskan atau mendinginkan menggunakan matahari. Temuan ini dianggap ramah energi dan sedikit polusi.



Para peneliti tidak berhenti di sini. Mereka berencana untuk membuat ZESRC menjadi lebih baik lagi dan mengujinya di berbagai jenis bangunan dan iklim di seluruh dunia. Tujuan mereka cukup mengagumkan, ingin membantu mengurangi jumlah emisi karbondioksida dari bangunan menjadi nol pada 2050.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)