TikTok Iming-imingi Tambahan Uang untuk Video Panjang

Sabtu, 09 Maret 2024 - 10:00 WIB
loading...
TikTok Iming-imingi Tambahan Uang untuk Video Panjang
TikTok memberikan insentif tambahan ke para konten kreator yang membuat video berdurasi panjang. (Foto: Freepik)
A A A
JAKARTA - TikTok mengumumkan akan memberikan insentif tambahan ke para konten kreator yang membuat video berdurasi panjang. Platform milik ByteDance tersebut juga akan memperluas fitur langganan, yang saat ini memungkinkan langganan bulanan untuk siaran langsung saja.

Fitur baru ini akan memberikan batch langganan kepada penonton. Ada pula fitur emote kustom yang dirancang oleh konten kreator langganannya untuk digunakan dalam obrolan langsung. Konten kreator juga dapat mengaktifkan obrolan hanya untuk langganan saat melakukan siaran untuk berinteraksi hanya dengan komunitas yang membayar.

Dilansir dari NBC News, Sabtu (9/3/2024), program ini akan memungkinkan konten kreator non-LIVE menghasilkan uang dari langganan. Fitur tersebut pada awalnya bersifat eksklusif bagi mereka yang diundang untuk mencobanya, tetapi konten kreator non-LIVE yang memenuhi syarat akan dapat mendaftarkan diri sendiri dalam beberapa pekan mendatang.

Untuk mendukung lonjakan dalam narasi berbasis video panjang di aplikasi tersebut, Program Kreativitas TikTok yang diperkenalkan tahun lalu untuk memberi penghargaan kepada konten kreator yang menerbitkan video lebih panjang, dijadwalkan untuk keluar dari versi beta sebagai Program Penghargaan Pembuat Konten baru.



Program tersebut akan memberikan penghargaan kepada video berkualitas tinggi, asli lebih dari satu menit, menilai konten berdasarkan empat hal, yakni originalitas, durasi pemutaran, nilai pencarian, dan keterlibatan audiens.

Pengguna telah dapat menikmati konten video dengan durasi lebih lama sejak aplikasi mulai memungkinkan video lebih panjang pada 2022. TikTok pun melaporkan bahwa penonton sekarang menghabiskan lebih dari setengah waktu mereka menonton konten tersebut.

"Video lebih panjang telah membuka berbagai kemungkinan bagi komunitas kami, memberikan pencipta fleksibilitas tambahan untuk mengekspresikan diri dan merangkul kebebasan kreatif tanpa batas," tulis TikTok.

TikTok menyatakan total pendapatan konten kreator telah meningkat lebih dari 250 persen di bawah Program Kreativitas versi beta dalam enam bulan terakhir. Jumlah pencipta yang menghasilkan 50 ribu dollar AS per bulan atau sekira Rp800 juta.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3162 seconds (0.1#10.140)