Teknologi Unifikasi Data Makin Dibutuhkan Perusahaan dan Pemerintahan, Kenapa?

Kamis, 07 Maret 2024 - 01:13 WIB
loading...
Teknologi Unifikasi Data Makin Dibutuhkan Perusahaan dan Pemerintahan, Kenapa?
Teknologi Unifikasi Data . FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Dalam era di mana data menjadi kekuatan utama, tantangan utama yang dihadapi oleh individu dan organisasi adalah integrasi dan pemahaman informasi yang terpisah-pisah. Solusi untuk mengatasi masalah ini muncul dalam bentuk unifikasi data, sebuah proses mengintegrasikan data dari berbagai sumber ke dalam platform terpadu.



Bachtiar Rifai, CEO Volantis Technology, perusahaan teknologi data berbasis di Yogyakarta, yang telah membantu lebih dari 200 organisasi perusahaan di berbagai sektor mengatasi tantangan transformasi digital, mengatakan makin ke sini perusahaan swasta dan pemerintahan makin cepat mengadopsi unifikasi data.

“Perkembangan unifikasi data makin cepat seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan kebutuhan bisnis, pemerintahan, dan kesadaran yang meningkat tentang potensinya di masa depan,” kata Bachtiar dalam rilis yang diterima redaksi Rabu (6/5/2024).
Teknologi Unifikasi Data Makin Dibutuhkan Perusahaan dan Pemerintahan, Kenapa?

Ada sejumlah alasan kenapa adopsi teknologi unifikasi data di perusahaan swasta dan pemerintahan di seluruh dunia makin cepat.
Pertama, Bachtiar menyebutkan bahwa komputasi awan atau cloud menjadi kunci dalam perkembangan unifikasi data. Cloud memungkinkan pengembangan platform unifikasi data yang skalabel dan hemat biaya, memberikan organisasi repositori terpusat untuk data mereka. Selain itu, inovasi terkait kecerdasan buatan (AI) dan Machine Learning (ML) juga tumbuh seiring dengan kemajuan komputasi awan.

Konvergensi unifikasi data dan AI/ML, menurut Bachtiar juga membuka peluang baru. “Platform unifikasi data dapat menjadi landasan untuk melatih model AI dan ML, menghasilkan analisis yang lebih akurat dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Ini alasan perusahaan swasta dan pemerintahan di seluruh dunia makin mau belajar dan mengadopsi unifikasi data,” papar Bachtiar.

Perkembangan di bidang komputasi yang memungkinkan integrasi data secara real-time juga menjadi game changer. Teknologi In Memory, Pemrosesan Even, Message Queues, dan streaming data membuka peluang untuk integrasi data secara langsung, menghilangkan penundaan dalam akses dan analisis data.

Bachtiar menggarisbawahi pentingnya keamanan data dalam unifikasi data. Selama ini menurutnya, Volantis Technology mengutamakan tata kelola dan keamanan data dengan menerapkan framework yang kuat.
“Dalam konteks ini, pengalaman panjang Volantis Technology dalam memberikan solusi unifikasi data menjadi pembeda utama,” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)