Jadi Sasaran Berita Hoaks, Pelajar Diminta untuk Waspada dan Kroscek

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:04 WIB
loading...
Jadi Sasaran Berita Hoaks, Pelajar Diminta untuk Waspada dan Kroscek
Pelajar mendengarkan penyuluhan tentang bahaya berita hoaks dari Kominfo. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Maraknya penyebaran berita hoaks melalui media sosial membuat sebagian orang merasa cemas dan kurang percaya terhadap berita berita yang disebar, sehingga sulit membedakan antara fake or fact. Parah saat ini berita hoaks lebih menyasar kepada pelajar.



Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) kembali mengadakan webinar Makin Cakap Digital 2024 yang berisikan pelatihan Literasi Digital sektor pendidikan sebagai tindak lanjut dari webinar yang sudah berjalan 3 tahun sebelumnya.

Edisi perdana Makin Cakap Digital 2024 mengangkat tema Lawan Hoaks di Media Sosial. Webinar ini seratus persen gratis dan tidak dipungut biaya apapun, namun peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang sudah diberikan.

Dirjen Aptika Samuel Abrijani Pangerapan membuka webinar, menyapa DigiFriends (sebutan bagi peserta workshop daring) dan menyampaikan tujuan diadakannya workshop daring Makin Cakap Digital 2024.

"Workshop daring ini sudah memasuki tahun keempat dan memberikan pelatihan dengan empat pilar kompetensi literasi digital. Keempat pilar tersebut menjadi kurikulum literasi media digital yang mampu menjadi bekal bagi masyarakat khususnya warga indonesia timur Papua dan Maluku," kata Samuel dalam keterangan persnya di Jakarta Rabu (29/2/2024).

Webinar Makin Cakap Digital 2024 dengan tema Lawan Hoaks di Media Sosial menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya dan dikemas apik oleh moderator Grace Melz. Salah satu narasumber yang hadir adalah Dedy Triawan selaku CTO Teman Baik Indonesia yang membawakan Pilar Keamanan Digital.

“Konten ataupun berita yang beredar di masyarakat itu ada yang benar dan ada yang hoaks. Keduanya sangat mudah dikonsumsi dan bisa memberikan dampak tidak baik bagi pengguna internet”, ujar Dedy melalui keterangan tertulis).

Dedy menjelaskan lebih lanjut mengenai hoaks dari sisi keamanan digital mendetilkan cara menghindari hoax yaitu dengan memperhatikan judul, melihat sumber beritanya dari mana, periksa foto/video yang disertakan, waspada dengan bentuk pesan yang sudah berulang kali diteruskan, dan rajin memperhatikan laporan informasi hoaks yang ada di internet.

Workshop daring Makin Cakap Digital 2024 pada hari Rabu, 28 Februari 2024 diadakan di Kabupaten Kaimana, Papua Barat, dengan dihadiri oleh beberapa sekolah.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)