Mengenal Robot Humanoid NEO, Pengganti ART yang Cekatan

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:47 WIB
loading...
Mengenal Robot Humanoid NEO, Pengganti ART yang Cekatan
Wujud robot humanoid NEO mirip manusia. (Foto: Notebookcheck)
A A A
JAKARTA - Bentuk dan fungsi robot humanoid semakin beragam untuk menggantikan tugas-tugas manusia. Salah satunya adalah robot humanoid NEO yang memiliki kemampuan menggantikan asisten rumah tangga (ART). Ia jago melakukan tugas-tugas domestik seperti melipat pakaian dan beres-beres rumah.

Dihimpun dari Notebookcheck, Rabu (28/2/2024), NEO dirancang oleh perusahaan robotik 1X Technologies dengan tenaga artificial intelligence (AI).

Baru-baru ini 1X Technologies mendemonstrasikan bagaimana robot humanoid NEO membantu manusia dalam tugas sehari-hari. Dalam menyelesaikan tugasnya, ia lebih dulu akan mengamati tingkah manusia lalu menirunya.



NEO dapat melihat dan berinteraksi dengan dunia luar dan dapat mengamati dan meniru tindakan yang dilihatnya menggunakan jaringan saraf untuk mengendalikan motornya. Dengan wujudnya yang juga seperti manusia, membuat jarak antara manusia dan robot semakin dekat.

NEO bahkan bisa bermanuver melalui pintu dan lorong, mengambil dan mengantarkan benda, dan melakukan tugas di ruang yang biasanya ditempati manusia. Bodinya juga dirancang menggunakan mekanisme mirip otot untuk kompatibilitas saat mengangkat dan berinteraksi dengan manusia.



NEO memiliki tinggi 1,67 meter, berat 30 kilogram, dan mampu membawa benda hingga 20 kg. Baterainya memiliki waktu kerja hingga 4 jam dan memungkinkan android berlari hingga 7,5 mil per jam (12 kpj). Sayangnya belum ada tanggal ketersediaan yang diumumkan untuk robot humanoid NEO.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2693 seconds (0.1#10.140)