Jeff Bezos, Nvidia, Microsoft dan OpenAI Berinvestasi di Startup Robot Humanoid Figure AI, Apa Istimewanya?

Sabtu, 24 Februari 2024 - 08:05 WIB
loading...
Jeff Bezos, Nvidia, Microsoft dan OpenAI Berinvestasi di Startup Robot Humanoid Figure AI, Apa Istimewanya?
Figure AI menjadi startup robot humanoid yang menjanjikan, dipercaya akan membuat gebrakan seperti yang dilakukan Chat GPT. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Setelah ChatGPT , hal besar lain yang akan terjadi kemungkinan adalah ini: robot humanoid atau robot yang mirip dengan manusia. Mengapa? Karena saat ini banyak sekali raksasa teknologi yang sedang berinvestasi untuk membangun robot humanoid yang canggih.

Termasuk, pendiri Amazon.com Jeff Bezos, pabrikan chip terbesar dunia Nvidia, serta sejumlah nama-nama besar lainnya di bidang teknologi. Mereka tengah berinvestasi pada startup bernama Figure AI yang sedang mengembangkan robot humanoid. Demikian dilaporkan Bloomberg News.

Apa itu Figure AI? Figure AI sendiri merupakan perusahaan yang didukung oleh OpenAI selaku pengembang ChatGPT dan Microsoft. Perusahaan tersebut sudah mengumpulkan sekitar USD675 juta dalam putaran pendanaan dengan valuasi pre-money (sebelum investasi masuk) sekitar USD2 miliar.

Bezos sendiri telah berkomitmen USD100 juta melalui perusahaannya Explore Investments LLC dan Microsoft menginvestasikan USD95 juta, sementara Nvidia dan dana yang berafiliasi dengan Amazon masing-masing menyediakan USD50 juta, sebut laporan itu.

Jeff Bezos, Nvidia, Microsoft dan OpenAI Berinvestasi di Startup Robot Humanoid Figure AI, Apa Istimewanya?

Memang, saat ini investasi di startup kecerdasan buatan (AI) terus meningkat setelah peluncuran chatbot viral OpenAI, ChatGPT, pada November 2022. Ini karena investor merasakan peluang bisnis. Mereka berani bertaruh pada startup yang berpotensi melampaui rival-rival besar dan mengubah industri.

OpenAI, yang sempat mempertimbangkan untuk mengakuisisi Figure AI, juga sudah menginvestasikan USD5 juta.

Beberapa investor lainnya, seperti pemodal ventura Intel, LG Innotek, grup investasi Samsung, serta firma ventura Parkway Venture Capital dan Align Ventures.

ARK Venture Fund, Aliya Capital Partners, dan Tamarack juga termasuk di antara investor dalam startup tersebut.

Amazon, Nvidia, Microsoft, dan Intel menolak berkomentar, sementara nama-nama lain yang disebutkan dalam laporan tersebut, termasuk Figure AI, tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Tahun lalu, Figure AI yang berbasis di Sunnyvale, California, mengembangkan robot humanoid serbaguna untuk penggunaan di berbagai lingkungan seperti gudang atau gerai ritel.



Figure AI berhasil mengumpulkan dana USD70 juta dari investor yang dipimpin oleh Parkway Venture Capital, menandai putaran pendanaan eksternal pertama mereka.

Melihat banyaknya nama-nama besar yang menanamkan uangnya ke Figure AI, menegaskan bagaimana robot humanoid akan jadi tren masa depan. Yakni, ketika perusahaan ingin menciptakan robot-robot yang bisa menggantikan tugas manusia/pekerja.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)