PC Pertama di Dunia Ditemukan Tidak Sengaja saat Bersih-Bersih Rumah

Kamis, 22 Februari 2024 - 14:15 WIB
loading...
PC Pertama di Dunia Ditemukan Tidak Sengaja saat Bersih-Bersih Rumah
Komputer mikro Q1 yang diyakini sebagai PC pertama di dunia. (Foto: Kingston University)
A A A
JAKARTA - Dua komputer mikro Q1 yang diyakini sebagai PC pertama di dunia menggunakan satu mikrocip ditemukan secara tidak sengaja di Inggris. Temuan ini menambah jumlah unit yang masih ada di dunia, yang sekarang totalnya menjadi tiga.

Brendan O'Shea, pendiri Just Clear, menjelaskan timnya menemukan Q1 saat membersihkan sebuah properti pada 18 Desember. Komputer-komputer ini, yang berasal dari tahun 1970-an, tersembunyi di bawah berbagai kotak. Mereka sebelumnya digunakan oleh perusahaan pengeboran minyak. Satu unit lain dari model yang sama diduga berada di wilayah Skandinavia.

Awalnya, para karyawan Just Clear bingung dengan penemuannya. Setelah berkonsultasi dengan seorang ahli, Brendan O'Shea mengetahui perangkat ini sangat inovatif. Perangkat ini adalah komputer desktop terintegrasi pertama di dunia yang didukung oleh mikroprosesor satu chip.

"Tim kami menemukan berbagai hal saat membersihkan rumah setiap hari, beberapa di antaranya memiliki arti sejarah, tetapi saya tidak pernah membayangkan akan menemukan sesuatu yang begitu penting bagi bidang teknologi dan sejarah komputasi," ujar Brendan O'Shea dilansir dari Greek Reporter, Kamis (22/2/2024).



"Saya diberitahu bahwa model-model ini sangat langka, jadi menemukan sepasang dari mereka sungguh luar biasa."

Q1 adalah komputer pertama di dunia yang berjalan dengan satu chip. Q1 yang diproduksi oleh Q1 Corporation Amerika pada tahun 1972, menonjol dengan desain industri yang menampilkan warna oranye dan hitam serta layar plasma. Perangkat ini dianggap sebagai pelopor komputer desktop saat ini.

Komputer ini menandai langkah besar dalam sejarah komputasi. Sebelum Q1, komputer menggunakan mikroprosesor multi-chip. Namun, Q1 revolusioner karena merupakan yang pertama yang berjalan dengan satu chip, khususnya Intel 8008. "Tidak akan ada PC, tidak ada Mac, tidak ada telepon Apple atau Android tanpa Q1 Corporation," kata Paul Neve, profesor komputasi dan co-pencipta pameran di Kingston University di Inggris.



"Para pionir awal di tahun 1970-an dan 1980-an meletakkan dasar bagi perangkat 'segala sesuatu' saat ini — komputer modern, yang begitu lazim dalam kehidupan sehari-hari."

Q1 kini dipamerkan di kampus Penrhyn Road universitas di Kingston upon Thames. Usai pameran komputer Q1 mungkin akan dilelang atau dijual secara pribadi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)