Situs Ini Jadi Solusi Kebingungan Memilih Caleg di Pemilu 2024

Selasa, 13 Februari 2024 - 09:55 WIB
loading...
Situs Ini Jadi Solusi Kebingungan Memilih Caleg di Pemilu 2024
Ada beberapa situs yang bisa dijadikan referensi bagi masyarakat untuk mengetahui caleg untuk dipilih di Pemilu 2024. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Meski dalam pemilihan serentak ( Pemilu 2024 ) perhatian lebih terfokus pada Pilpres (pemilihan Presiden), namun masyarakat juga harus paham dengan Pileg (pemilihan legislatif) beserta calon-calon, baik yang ada di pusat dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

Sayangnya, masyarakat terutama pemilih pemula masih sering kebingungan untuk mencari informasi serta rekam jejak calon anggota legislatif (Caleg) yang ada di daerah pemilihannya (dapilnya).

Bahkan, mungkin hingga hari ini masih banyak sekali masyarakat yang kebingungan untuk menuntukan pilihan wakil rakyat. Padahal, mereka lah yang akan mewakili masyarakat dan membawa aspirasi daerahnya di tingkat pusat.

Situs Ini Jadi Solusi Kebingungan Memilih Caleg di Pemilu 2024

Nah, dari penelusuran SINDONews, memang ada beberapa situs yang memberikan informasi soal caleg. Goodkind.id adalah salah satunya. Situs ini memiliki fitur dan navigasi yang cukup baik untuk membantu pemilih mengenal calon legislatif (caleg) dan membuat pilihan yang tepat.

Di situs ini, masyarakat bisa memilih menu Profil Caleg untuk mengetahui nama, foto, partai politik, dapil, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan pengalaman politik. Begitupun informasi tentang visi, misi, dan program kerja caleg. Juga, mengetahui rekam jejak caleg, seperti kinerja di periode sebelumnya, jika ada.

Fitur lain yang menarik adalah Simulasi Surat Suara, untuk membantu pemilih memahami cara memilih di bilik suara.


Fitur ini menampilkan foto dan nama caleg di setiap surat suara sesuai dapil pemilih. Sehingga memungkinkan pemilih untuk mencoba berbagai kombinasi pilihan caleg dan melihat hasil simulasi.

Lainnya itu, masyarakat juga bisa membandingkan dua atau lebih caleg berdasarkan berbagai kriteria, seperti visi, misi, program kerja, dan rekam jejak.

Beberapa fitur lainnya, seperti peta dapil di seluruh Indonesia, hingga informasi resmi dari KPU tentangPemilu2024.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)