Ini Beda Bingkai Titanium yang Digunakan Galaxy S24 Ultra dan iPhone 15 Pro Max

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:49 WIB
loading...
Ini Beda Bingkai Titanium yang Digunakan Galaxy S24 Ultra dan iPhone 15 Pro Max
Galaxy S24 Ultra menggunakan titanium grade 2, sedangkan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max memakai titanium grade 5. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pabrikan smartphone premium seperti Apple dan Samsung sama-sama menggunakan bodi titanium untuk produk flagship mereka. Yakni, Galaxy S24 Ultra dan iPhone 15 Pro Max.

Ada beberapa alasan mengapa titanium dipakai untuk melindungi bodi HP. Pertama, karena titanium memiliki kekuatan dan ketahanan lebih tinggi dibanding aluminium, material yang umum digunakan untuk casing smartphone. Hal ini membuat smartphone titanium lebih tahan terhadap benturan, goresan, dan lekukan.

Lalu, titanium memiliki bobot lebih ringan dibandingkan aluminium. Hal ini membuat smartphone titanium lebih ringan dan nyaman digenggam. Faktor lainnya adalah ketahanan titanium terhadap korosi tinggi. Hal ini membuat smartphone titanium lebih tahan terhadap air, debu, dan kotoran.

Alasan selanjutnya soal tampilan. Titanium memiliki tampilan yang lebih premium dibandingkan aluminium. Hal ini membuat smartphone titanium terlihat lebih mewah dan elegan.

Terakhir, titanium adalah material yang ramah lingkungan. Hal ini karena titanium dapat didaur ulang dan tidak menghasilkan limbah yang berbahaya.

Beda Grade

Ternyata, titanium yang digunakan oleh Galaxy S24 Ultra dan iPhone 15 Pro Max sangat berbeda. Galaxy S24 Ultra menggunakan campuran Titanium Grade 2 (lebih ringan) dan Aluminium 6061 (biaya produksi lebih rendah). Sedangkan iPhone 15 Pro Max memakai titanium grade 5.

Titanium grade 2 digunakan karena ringan dan lebih murah, tapi memiliki kekuatan yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Sementara titanium grade 5 lebih kuat dan tahan lama dibandingkan Grade 2, memiliki ketahanan korosi yang tinggi, dan yang terpenting adalah lebih tahan terhadap goresan dan lekukan.

Adapun titanium grade 6 dan grade 7 tidak digunakan di bodi HP. Titanium grade 6 dipakai untuk komponen internal smartphone, seperti antena dan konektor. Sementara titanium grade 7 memiliki kekuatan dan ketahanan yang paling tinggi di antara grade titanium lainnya.



Titanium jenis ini dipakai untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan maksimal. Contohnya alat bedah dan implan medis. Pemilihan grade titanium untuk smartphone tergantung pada kebutuhan dan anggaran.

Grade 2 cocok untuk pengguna yang menginginkan smartphone yang ringan dan terjangkau. Grade 5 cocok untuk pengguna yang menginginkan smartphone yang lebih kuatdantahanlama.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)