4 Firewall yang Bisa Diandalkan Server KPU untuk Menahan Hacker

Kamis, 08 Februari 2024 - 13:22 WIB
loading...
4 Firewall yang Bisa Diandalkan Server KPU untuk Menahan Hacker
4 Firewall yang Bisa Diandalkan Server KPU . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024, server data milik KPU tentunya akan menjaadi sasaran empuk hacker untuk membobol data pemilih untuk tujuan-tujuan tertentu.



Keamanan jaringan merupakan salah satu faktor yang penting dalam mencegah serangan siber, sebab semua perangkat kini sudah terhubung dalam sebuah jaringan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan siber, namun salah satu cara yang paling populer adalah dengan menggunakan Firewall.

Firewall sendiri merupakan alat atau tools untuk mencegah dan mengatasi ancaman siber selama menggunakan jaringan internet.

Jika keamanan jaringan adalah sebuah aturan dan konfigurasi yang dibuat untuk melindungi integritas, kerahasiaan, maupun ketersediaan jaringan komputer dan data, maka definisi dari Firewall adalah sistem keamanan yang digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan internet dari berbagai serangan.

Namun, Firewall juga berperan pada keamanan jaringan dengan membatasi traffic baik yang berasal dari dalam, luar, maupun antar sesama jaringan internal.

Ada beberapa jenis Firewall yang bisa diterapkan, diantaranya:

1. Packet Filtering Firewall


Firewall jenis ini beroperasi dengan melakukan penyaringan terhadap paket jaringan yang berasal dari luar. Firewall hanya mengizinkan paket mengakses server, apabila paket sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sebelumnya.

Kriteria-kriteria yang ditetapkan antara lain adalah jenis paket, IP address yang diperbolehkan, port tujuan, dan aspek lainnya.

Firewall jenis ini tidak melakukan routing pada paket yang datang dari luar.

2. Application Level Gateway atau Proxy Firewall

Firewall jenis ini bekerja sebagai proxy, maka dari itu Application level Gateway sering disebut juga sebagai proxy firewall.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)