Jalan-Jalan ke Luar Negeri, Ini Cara Gampang Pakai Penerjemah Suara Google Translate

Selasa, 30 Januari 2024 - 20:00 WIB
loading...
Jalan-Jalan ke Luar Negeri, Ini Cara Gampang Pakai Penerjemah Suara Google Translate
Google Translate bisa dioptimalkan menjadi penerjemah suara real-time untuk ponsel Android atau iOS. (Foto: Acutrans)
A A A
JAKARTA - Aplikasi Google Translate bisa dioptimalkan menjadi penerjemah suara real-time untuk ponsel Android atau iOS. Jika sedang berbicara dengan seseorang dalam bahasa asing yang tidak lancar atau bahkan tidak memahami dasarnya, dapat memanfaatkan Google Translate secara real-time.

Opsi terjemahan instan memungkinkan percakapan antarbahasa dialihbahasakan sesuai kebutuhan secara real-time. Semua ini berkat kecerdasan buatan canggih yang telah dikembangkan oleh Google selama bertahun-tahun. Cara ini dianggap praktis untuk menemukan jalan ke stasiun kereta atau mendapatkan detail pesanan dari klien.

Cara Kerja Terjemahan Real-Time

Jika telah mengunduh aplikasi Google pastikan akses internet lancar karena pengoperasiannya membutuhkan data. Ketika berada di luar negeri, hotspot Wi-Fi mungkin tidak mudah ditemukan, maka siapkan paket data yang cukup.

Google menyebut fungsi terjemahan real-time ini dilengkapi dengan fitur transkripsi. Sebanyak delapan bahasa mendukung, di antaranya Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thai. Jika pengguna mencoba berbicara dalam bahasa yang tidak ada dalam daftar tadi, coba preferensi bahasa yang bisa mereka komunikasikan.



Caranya, buka Google Translate, dan terlihat tombol Percakapan di sudut kiri bawah. Jika tombol ini abu-abu dan tidak dapat digunakan, itu karena bahasa input yang dipilih saat ini tidak mendukung transkripsi. Ketuk kotak di sebelah kiri di atas Percakapan untuk memilih bahasa yang ingin diterjemahkan, dan kotak di sebelah kanan untuk memilih bahasa yang ingin diterjemahkan—perhatikan bahwa deteksi bahasa otomatis tidak didukung untuk fitur ini.

Saat siap memilih preferensi bahasa, ketuk tombol Percakapan, dan pengguna siap untuk mulai berbicara. Ada tiga tombol di bagian bawah layar, pengguna dapat memilih secara manual setiap bahasa bergantian. Ketika pengguna siap berbicara, ketuk tombol dengan label bahasa yang relevan. Sebagai alternatif, pilih Auto untuk membuat aplikasi mendengarkan suara berbeda, tanpa perlu pemilihan manual.

Ketika pengguna berbicara melalui percakapan dalam dua bahasa, terlihat transkripsi teks dari apa yang dikatakan juga muncul di layar. Cara ini berguna untuk memastikan bahwa pembicaraan dimengerti dengan benar. Pengguna dapat membuat perubahan pada prompt masukan dengan mengetuk teks dan mengeditnya.



Keluaran lisan dari aplikasi Google Translate juga ditampilkan di layar. Pengguna tidak dapat mengeditnya, tetapi dapat mengetuk ikon speaker di sebelahnya untuk mendengarkannya lagi. Opsi pemilihan teks standar berlaku di sini jika pengguna perlu menyalin transkripsi teks ke tempat lain, tahan tekan pada blok teks untuk memilihnya baik di Android atau iOS.

Tidak ada opsi yang dapat disetel ketika menyangkut fitur transkripsi dalam Google Translate, tetapi pengguna dapat mengetuk ikon melambai tangan (kanan atas) untuk menampilkan kartu informasi yang ditulis dalam bahasa yang diterjemahkan .



Kembali ke layar utama Google Translate. Ada beberapa opsi yang dapat diubah-ubah, yang dapat diakses dengan mengetuk gambar profil akun Google di kanan atas, lalu pilih Pengaturan. Pengguna dapat mengubah aksen regional dari suara yang digunakan, mengubah kecepatan tanggapan suara, dan menghapus riwayat Google Translate.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)