Mengenal SAP, Raksasa Sofware Dunia yang Terseret Skandal Suap di Indonesia

Senin, 29 Januari 2024 - 21:06 WIB
loading...
Mengenal SAP, Raksasa Sofware Dunia yang Terseret Skandal Suap di Indonesia
SAP adalah salah satu perusahaan software yang paling berpengaruh di Indonesia dalam industri B2B. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - SAP (System Applications and Products in Data Processing) , perusahaan software asal Jerman, mungkin hanya akrab di kalangan tertentu. Tapi, nama mereka disebut-sebut lantaran terhubung dengan skandal suap. Termasuk yang melibatkan perusahaan Indonesia.

SAP setuju membayar denda lebih dari USD220 juta (Rp3,4 triliun) untuk menyelesaikan tuduhan suap yang melibatkan pejabat pemerintah di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Uang dan hadiah tersebut, yang biasanya disalurkan melalui konsultan bisnis luar, dimaksudkan untuk membantu memenangkan bisnis di Afrika Selatan,
Indonesia, dan negara lain.

Skandal suap tersebut diduga terjadi setidaknya sejak Desember 2014 hingga Januari 2022. SAP menyatakan telah bekerja sama dengan penyelidik dan merombak kebijakan.

“SAP tetap waspada dalam menjaga standar etika dan kepatuhan tertinggi,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

SAP, yang berkantor pusat di Jerman dan memiliki saham yang terdaftar di AS, merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia.

Menurut dokumen pengadilan AS, anak perusahaan SAP yang beroperasi di lima negara di Afrika, Azerbaijan dan Indonesia terlibat dalam skema suap, serta “berulang kali” melanggar kebijakan perusahaan yang dimaksudkan untuk mencegah korupsi. Di Indonesia, mereka disebut mendanai wisata belanja dan makan, dan lainnya.

Apa Itu SAP?

SAP adalah perusahaan perangkat lunak asal Jerman yang mengkhususkan diri dalam pengembangan solusi perangkat lunak bisnis.

Solusi perusahaan SAP dirancang untuk membantu organisasi mengelola berbagai aspek operasional mereka, termasuk keuangan, sumber daya manusia, rantai pasokan, penjualan, dan lainnya.

Perusahaan itu menyediakan solusi yang dioptimalkan untuk berbagai industri khusus seperti manufaktur, perbankan, perawatan kesehatan, ritel, dan banyak lagi.

Mereka terus mengembangkan dan memperbarui solusi perusahaan mereka untuk menjawab perubahan dalam dunia bisnis dan teknologi. Solusi ini membantu organisasi mengoptimalkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan tetap bersaing dalam lingkungan bisnis global yang dinamis .
Berikut adalah beberapa fakta tentang perusahaan SAP di Indonesia:

1. SAP Indonesia didirikan pada 1992. SAP Indonesia adalah anak perusahaan dari SAP SE, perusahaan perangkat lunak asal Jerman.
2. SAP Indonesia menyediakan solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP) dan Business Intelligence (BI) untuk berbagai industri di Indonesia.
3. SAP Indonesia memiliki lebih dari 1.000 karyawan di seluruh Indonesia, serta lebih dari 100.000 karyawan di seluruh dunia.
4. SAP Indonesia telah membantu lebih dari 1.500 perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis mereka.

Berikut adalah beberapa pelanggan SAP di Indonesia:

- Bank Mandiri
- PT Pertamina (Persero)
- PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)
- PT Unilever Indonesia
- PT Astra International

Pada 2022, SAP Indonesia berhasil meraih penghargaan "Top 100 Most Innovative Companies in Indonesia" dari majalah SWA. Pada 2023, SAP Indonesia berhasil meraih penghargaan "Indonesia's Best Employer" dari majalah Forbes.

Berikut beberapa layanan terpopuler SAP di Indonesia:

1. Enterprise Resource Planning (ERP):

Solusi ERP SAP adalah inti dari portofolio produk mereka. ERP SAP membantu organisasi mengintegrasikan proses bisnis, mulai keuangan dan produksi hingga manajemen persediaan dan sumber daya manusia.

2. Customer Relationship Management (CRM):

Solusi SAP CRM membantu organisasi dalam mengelola interaksi dengan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Supply Chain Management (SCM):

Solusi SAP SCM membantu perusahaan mengelola rantai pasokan mereka dengan lebih efisien.

4. Business Intelligence (BI) dan Analitik:

Solusi SAP BI memberikan alat analitik yang kuat untuk membantu organisasi membuat keputusan berdasarkan data.

5. Human Capital Management (HCM):

Modul HCM SAP membantu dalam manajemen sumber daya manusia, mencakup perekrutan, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan administrasi gaji.

6. Internet of Things (IoT):

Ini mencakup pengumpulan dan analisis data dari sensor dan perangkat terhubung untuk mendukung pengambilan keputusan.


7. SAP S/4HANA:

SAP S/4HANA adalah solusi ERP berbasis in-memory yang dirancang untuk memberikan visibilitas waktu nyata dan mendukung inovasi digital.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)