Lucuti Kemampuan SD865, Qualcomm Bangun Chipset Snapdragon 860

Rabu, 12 Agustus 2020 - 04:49 WIB
loading...
Lucuti Kemampuan SD865, Qualcomm Bangun Chipset Snapdragon 860
Qualcomm tengah menyiapkan downgrade dari Snapdragon 865 yang diberi nama Snapdragon 860. Foto/Ist
A A A
REDMOND - Belum lama ini, chip andalan Qualcomm , Snapdragon 865 , mendapat penyegaran di pertengahan siklus tahunan. Dinamakan Snapdragon 865 Plus, chipset sebagian besar sama dengan chip aslinya, menghemat 10% peningkatan kinerja CPU dan GPU. Rupanya, raksasa prosesor dunia itu juga tengah membangun versi yang lebih sederhananya.

Menurut Digital Chat Station yang dilansir situs Gizmo China, pertemuan Oppo baru-baru ini mengungkap keberadaan Snapdragon 860. Ini pertama kalinya kita mendengar tentang silikon tersebut, dan bila dilihat dari namanya itu akan menjadi versi yang lebih ringan dari Snapdragon 865. Jika memang begitu, itu juga akan didasarkan pada proses manufaktur 7nm dan mendukung konektivitas 5G.

Snapdragon 860 nan Misterius
Detail lainnya seputar chipset masih minim untuk saat ini, tapi perangkat kelas atas Oppo berikutnya bisa menjadi ponsel pertama yang membawa prosesor tersebut.

Qualcomm perlahan-lahan juga menaikkan harga chipset seri 800 premiumnya. Ini menjadi alasan mengapa Google Pixel 5 akan menampilkan prosesor kelas menengah, bukan kelas flagship. Jadi, ada kemungkinan Snapdragon 860 yang dirumorkan adalah upaya Qualcomm untuk mempertahankan vendor.

Baik Google dan Oppo diyakini sedang mengerjakan SoC kustomnya. Sementara chip Google diharapkan melakukan debut tahun depan dengan Pixel 6. Rencana Oppo sendiri tidak begitu jelas.

Jika Oppo berhasil membangun chipnya sendiri, perusahaan saudara OnePlus dan vivo itu mungkin juga akan meninggalkan Qualcomm.

Tentu saja, ini tidak semudah kedengarannya, dan mengingat ketidakpercayaan Amerika terhadap perusahaan China, chip internal pasti akan menaikkan emosi kita.

Menjelang akhir tahun, Qualcomm dikabarkan akan mengumumkan Snapdragon 875G, yang akan dibuat pada node 5nm. Chipset mobile itu menghasilkan kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik. Per bocorannya, chip inipun akan memiliki versi yang ringan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)