Keren! Teknologi Baru Ini Memungkinkan Komputer Bisa Menyala dalam Air

Rabu, 17 Januari 2024 - 13:49 WIB
loading...
Keren! Teknologi Baru Ini Memungkinkan Komputer Bisa Menyala dalam Air
Parylene Coating Process bekerja dengan cara diaplikasikan sebagai film pada tingkat molekul melalui proses pengendapan vakum. (Foto: Techspot)
A A A
JAKARTA - Air selama ini menjadi momok bagi perangkat elektronik seperti komputer. Namun, dengan teknologi baru hal ini bisa diatasi. Tak sekadar tahan air, berkat teknologi terbaru ini komputer bisa menyala meski terendam air.

Teknologi tahan air ini dihadirkan oleh perusahaan spesialis coating bernama HZO yang berbasis di Carolina Utara dan dipamerkan di ajang CES 2024.

Dikutip dari Techspot, Selasa (12/1/2024), teknik coating baru ini disebut sebagai Parylene Coating Process. Parylene Coating Process bekerja dengan cara diaplikasikan sebagai film pada tingkat molekul melalui proses pengendapan vakum. Parylene, lebih tipis dari bahan pelapis lainnya, mampu menutupi perangkat elektronik termasuk papan sirkuit.

HZO menjelaskan Parylene Coating Process dilakukan melalui deposisi uap kimia (CVD). Prosesnya dimulai dengan memanaskan bahan prekursor hingga berubah menjadi gas yang kemudian dipanaskan lebih lanjut untuk membentuk monomer reaktif.



Dalam ruang pengendapan yang dijaga mendekati suhu kamar, monomer-monomer ini menetap di semua benda di dalamnya. Saat mereka mendarat bersebelahan, monomer terhubung dan membentuk lapisan polimer.

Film polimer memiliki ketebalan antara 2 hingga 25 mikron dan dapat digunakan dengan aman untuk komponen elektronik yang lemah karena bekerja pada suhu kamar. HZO menyoroti bahwa lapisan parylene sangat andal dan tidak ada produk kimia berbahaya yang dilepaskan selama polimerisasi.



HZO memamerkan Raspberry Pi 4 berlapis parylene di CES 2024 yang mampu berfungsi meski berada di dalam tangki air. Komponen tersebut terhubung dengan aman ke kabel daya USB-C dan kabel microHDMI untuk output video, keduanya juga dilapisi parylene.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5241 seconds (0.1#10.140)