Ketahui 10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Selasa, 16 Januari 2024 - 16:33 WIB
loading...
Ketahui 10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri
10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri.FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi layar HP yang bergerak sendiri ini perlu diketahui oleh setiap pengguna smartphone. Mengingat saat ini teknologi layar sentuh sudah diterapkan untuk hampir semua produk HP.



Dengan adanya sistem layar sentuh, penggunaan HP kini semakin praktis dan mudah. Meski begitu teknologi ini juga memiliki sejumlah masalah, salah satunya adalah kondisi dimana layar dapat bergerak sendiri.

Penyebab layar bisa bergerak sendiri biasanya karena adanya software glitch, kotoran yang terdapat di layar, masalah aplikasi, hingga kerusakan pada layar.

Dari sejumlah masalah ini muncul beberapa cara mengatasi layar hp yang bergerak sendiri. Mulai dari restart hp hingga mereset hp.

10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri


1. Restart HP

Cara mengatasi layar hp bergerak sendiri adalah dengan restart perangkat untuk melihat apakah masalahnya dapat teratasi dengan sendirinya. Terkadang, masalah sementara dapat diselesaikan dengan me-restart perangkat.

2. Periksa Layar Sentuh

Pastikan layar sentuh tidak terkena kotoran atau cairan yang dapat menyebabkan gangguan. Bersihkan layar secara lembut dengan kain microfiber.

3. Cabut Pelindung Layar atau Casing:

Jika menggunakan pelindung layar atau casing, coba lepaskan untuk memastikan bahwa tidak ada yang menghalangi layar sentuh. Sehingga dapat diketahui masalah utamanya.

4. Periksa Aplikasi

Beberapa masalah dapat disebabkan oleh aplikasi yang tidak stabil atau perangkat lunak yang bermasalah. Pastikan perangkat lunak dan semua aplikasi di perangkat telah diperbarui. Jika masalah muncul setelah menginstal aplikasi tertentu, pertimbangkan untuk menghapus atau menonaktifkannya.

5. Kalibrasi Layar Sentuh

Cobalah cek apakah perangkat menyediakan opsi untuk mengkalibrasi layar sentuh. Pada beberapa perangkat, Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan.

6. Pengaturan Layar Otomatis

Beberapa perangkat memiliki fitur pengaturan layar otomatis yang dapat menyebabkan masalah ini. Coba matikan atau sesuaikan pengaturan.

7. Usahakan Hp Selalu Berada di Tempat yang Teduh

Biasanya suhu panas dari luar dapat mengganggu kinerja layar hp. Ketika hp terlalu panas nantinya layar akan kurang responsif dan bergerak sendiri. Karena itu usahakan hp selalu berada di tempat yang teduh.

8. Update Sistem Operasi

Update software biasanya bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan pada masalah layar. Karena itu cobalah langkah ini untuk mengatasi layar yang bergerak sendiri.

9. Periksa Perangkat Keras

Jika masalah tetap berlanjut, ada kemungkinan masalah perangkat keras. Kontak produsen atau bawa perangkat ke pusat layanan untuk diperiksa lebih lanjut.

10. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda mungkin perlu mereset pengaturan pabrik perangkat Anda. Ingatlah bahwa ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat, jadi pastikan untuk membuat cadangan data penting terlebih dahulu.

Itulah 10 cara mengatasi layar hp bergerak sendiri yang dapat dilakukan. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)