China Kembangkan Baterai Nuklir dengan Daya hingga 50 Tahun

Senin, 15 Januari 2024 - 11:22 WIB
loading...
China Kembangkan Baterai Nuklir dengan Daya hingga 50 Tahun
Betavolt mengklaim sukses membuat miniatur baterai energi atom berukuran kurang dari koin, yaitu 15 x 15 x 5 mm. (Foto: Betavolt)
A A A
JAKARTA - Baterai jenis baru bertenaga nuklir memiliki kemampuan lebih dari baterai lainnya. Tak tanggung-tanggung, baterai tersebut diklaim dapat memberi daya hingga 50 tahun tanpa diisi ulang.

Perusahaan Betavolt mengklaim sukses membuat miniatur baterai energi atom berukuran kurang dari koin, yaitu 15 x 15 x 5 mm. Baterai menggunakan 63 isotop nuklir untuk menghasilkan 100 mikrowatt dan tegangan listrik 3V melalui proses peluruhan radioaktif.

Melansir Techradar, Senin (15/1/2024), saat ini proses pembuatan baterai tengah memasuki tahap uji coba sebelum diproduksi secara massal untuk perangkat komersial seperti smartphone dan drone. Baterai juga diharapkan bisa mendukung peralatan kuar angkasa dan peralatan medis.

Betavolt berencana meningkatkan teknologinya untuk menghasilkan baterai pada 2025. Mereka yakin bahwa pengembangannya jauh lebih unggul dari negara manapun.



Teknologi ini dapat merevolusi elektronik dengan menghilangkan kebutuhan pengisian daya atau bank daya portabel. Hal ini menciptakan perangkat yang dapat bekerja terus menerus dan baterainya tidak mengalami penurunan kapasitas dan masa pakai selama siklus pengisian daya seperti halnya baterai Li-ion.

Jika terbukti lebih aman, Betavolt menjamin baterai BV100 tidak akan terbakar atau meledak jika terkena tusukan atau bahkan tembakan. Penyempurnaan ini melengkapi kemampuan beberapa baterai saat ini yang tidak aman jika rusak atau terkena suhu tinggi.



Untuk diketahui, baterai bertenaga nuklir sendiri sebenarnya bukanlah barang baru. Saat ini baterai telah digunakan untuk pesawat ruang angkasa, sistem bawah air, stasiun ilmiah otomatis, serta pesawat ruang angkasa seperti penjelajah Mars, namun ukurannya sangat besar.

Ukuran baterai kecil yang ditawarkan Betavolt, membuat baterainya lebih unggul dari baterai lain yang ada saat ini. Baterai Betavolt digadang-gadang akan menjadi tonggak baru dalam sejarah industri baterai dunia.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4869 seconds (0.1#10.140)