Praktis, Ini 5 Cara Mempercepat Download di Chrome

Minggu, 14 Januari 2024 - 22:00 WIB
loading...
Praktis, Ini 5 Cara Mempercepat Download di Chrome
Google Chrome merupakan salah satu search engine atau mesin pencarian yang paling sering digunakan pengguna internet. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Seringkali pengguna internet mengalami kendala saat mengunduh file di Google Chrome sehingga boros waktu. Ada beberapa cara mempercepat download di Google Chrome.

Chrome atau Google Chrome merupakan salah satu search engine atau mesin pencarian yang paling sering digunakan pengguna internet, baik untuk tujuan hiburan, pendidikan hingga urusan pekerjaan.

Dengan Chrome, pengguna dapat mengakses informasi dengan sangat mudah. Salah satunya dengan mendownload file yang sedang dicari. Namun ada kalanya saat proses download terjadi kendala seperti lambatnya proses download. Sehingga tak jarang pengguna menyalahkan koneksi yang buruk.

Namun selain buruknya sinyal koneksi, terdapat juga faktor lain yang menjadi masalah teknis yang turut memperlambat mengunduh file yang tentunya juga akan menambah waktu penyelesaian pekerjaan.


Cara Mempercepat Download di Chrome

1. Aktifkan Chrome Prefetch


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat pengunduhan di Chrome yaitu dengan mengaktifkan fitur Chrome Prefetch. Hal ini berguna untuk memprediksi apa yang akan kita cari berikutnya. Sehingga di latar belakan Chrome akan segera memuat halaman yang akan dibuka menjadi lebih cepat muncul.

Berikut cara mengaktifkan Chrome Prefetch:

- Klik simbol ‘titik tiga’ di bagian pojok kanan atas.

- Pilih settings

- Aktifkan pilihan ‘Use a prediction service to load pages more quickly’

2. Hapus Extension Tidak Perlu


Google Chrome Extension merupakan semacam fitur tambahan di luar aplikasi pencarian yang diinstal pengguna dan di beberapa kasus hal ini dapat memperlambat proses pengunduhan karena banyaknya extension yang pengguna miliki.

Jika file yang diunduh terasa sangat lama, kamu bisa mengelolanya dengan menghapus beberapa extension yang tidak penting dengan cara:

- Klik simbol titik tiga pada bagian pojok kanan atas tab chrome.

- Pilih More Tools, kemudian klik Extensions.

- Pilih simbol tempat sampah yang ada di samping Extensions.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)