7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia

Jum'at, 12 Januari 2024 - 13:00 WIB
loading...
7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia
Perangkat elektronik terkini dan tercanggih di dunia tengah dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show 2024 di Las Vegas. (Foto: Tech Crunch)
A A A
JAKARTA - Perangkat elektronik terkini dan tercanggih di dunia tengah menjadi perhatian di tengah gelaran Consumer Electronics Show (CES 2024) di Las Vegas, Amerika Serikat.

Sebagian besar perusahaan elektronik terlihat banyak berinvestasi ke pengembangan artificial intelligent (AI) dan berbagai teknologi unik lainnya.

Dari beragam produk yang dipamerkan, berikut delapan perangkat elektronik paling aneh di dunia yang hadir di CES 2024 dilansir dari Tech Crunch, Jumat (12/1/2024).

1. Kacamata teropong AI untuk burung

7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia


Untuk pengamat keindahan burung dengan anggaran tanpa batas, Swarovski memperkenalkan AX Visio 10×32. Perangkat ini berupa sepasang kacamata teropong AI seharga 4.799 dollar AS atau senilai Rp75 juta. Teropong ini menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu penggunanya dengan cepat mengidentifikasi lebih dari 9.000 burung dan spesies lainnya, serta memberikan kemampuan untuk mengambil foto dan video untuk dibagikan.


2. Papan ketik iPhone ala era BlackBerry

7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia


Jika tiba-tiba merindukan era papan ketik fisik pada iPhone, Clicks Technology memperkenalkan papan ketik terbaru di CES 2024. Perangkat ini mengubah ponsel layar sentuh menjadi reliktum era BlackBerry. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni seharga 139 dollar AS atau Rp 2,1 juta. Papan ketik ini berfungsi sebagai tambahan casing ponsel dan memberi akses lebih banyak ke layar iPhone tanpa papan ketik digital. Hal ini akan membuat tampilan ponsel lebih panjang, tetapi mungkin itulah yang namanya nostalgia.

3. Teknologi musik selaras dengan pengemudi

7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia


Sound Drive, sebuah startup rintisan seorang penyanyi serta penulis lagu kenamaan, Will.i.am mengembangkan sebuah teknologi berbasis aplikasi yang unik. Aplikasi ini bertujuan untuk mencocokkan musik yang didengarkan dengan kecepatan dan energi perjalanan. Teknologi ini bereaksi terhadap kecepatan mengemudi dan mencocokkan musik dengan pola berkendara si pengemudi. Lirik masuk dan keluar pun diatur secara cerdas, baik ketika sedang melaju di jalan bebas hambatan atau terjebak di kemacetan.

4. Router seperti bingkai foto

7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia


Menyesuaikan teknologi dengan estetika rumah tengah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Jika merasa televisi terlalu membosankan, kini bisa menjadikannya seperti lukisan galeri dengan Samsung Frame atau biarkan menyatu dengan arsitektur rumah dengan televisi transparan terbaru dari LG. Item teknologi terbaru yang mendapat penilaian cukup baik ini berupa router yang sederhana. Router Marble Wi-Fi 6 OpenWrt dari GL.iNet terlihat seperti potongan seni yang tergantung di dinding atau diletakkan di meja.


5. Asisten AI LG


Perusahaan asal Korea LG mengumumkan Smart Home AI Agent mereka. Bentuknya berupa robot beroda ganda yang bertindak sebagai asisten kompatibel dengan perangkat LG lainnya. Kecerdasan buatan generatif memungkinkan penggunanya berbicara dengan AI Agent, dan LG mengklaim teknologi ini dapat menunjukkan empati. Dalam video promosi surreal ala Pixar, robot ini dapat mengingatkan pengguna untuk minum obat atau menelepon nomor darurat 911 pada saat krisis.

6. Kereta dorong bayi AI

7 Perangkat Elektronik Teraneh di Dunia


Menjadi orangtua itu sulit. GlüxKind berharap ada perangkat yang membantu para orangtua menempatkan anak di kereta dorong AI mereka, Ella. Kereta dorong ini mempromosikan kemampuan untuk mendorong dirinya sendiri tanpa tangan, berhenti secara otomatis di lereng, dan dengan lembut menggoyang tubuh bayi tanpa perlu menggunakan tangan. Kereta dorong ini juga dilengkapi dengan fitur mesin noise white bawaan untuk menidurkan bayi.

7. WeHead


Salah satu produk yang paling mencolok di CES 2024 , yaitu GPT dari WeHead. Kepala berkekuatan AI ini memberikan wajah dan fisik kepada ChatGPT agar bukan sekadar pengalaman AI virtual semata. Tampilannya seperti patung penuh dengan beberapa layar bertujuan yang bertindak sebagai teman yang bisa berdiskusi tentang beragam ide dan berinteraksi aktif.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)