OpenAI Siap Luncurkan GPT Store, Ini Keunggulan yang Dijanjikan

Jum'at, 05 Januari 2024 - 07:56 WIB
loading...
OpenAI Siap Luncurkan GPT Store, Ini Keunggulan yang Dijanjikan
Perusahaan kecerdasan buatan pertama, OpenAI dilaporkan sedang mempersiapkan peluncuran GPT Store pekan depan. Foto/Silicon Angle
A A A
NEW YORK - Perusahaan kecerdasan buatan pertama, OpenAI dilaporkan sedang mempersiapkan peluncuran GPT Store pekan depan. GPT Store akan memungkinkan pengguna OpenAI untuk berbagi versi ChatGPT yang disesuaikan dengan pelanggan lain.

Outlet media teknologi, Information dan TechCrunch melaporkan bahwa OpenAI sudah mendistribusikan memo terkait peluncuran GPT Store kepada pelanggan. OpenAI direncanakan meluncurkan GPT Store pada November 2023, namun ditunda terkait pemecatan Chief Executive Officer Sam Altman oleh dewan direksi.

Chatbot khusus tersebut, yang dikenal sebagai GPT, dapat dibuat menggunakan alat yang disebut GPT Builder yang memulai debutnya pada bulan November bersamaan dengan GPT Store. Alat ini tidak mengharuskan pelanggan untuk menulis kode, sebagai gantinya, mereka cukup menulis serangkaian instruksi bahasa alami untuk menentukan tugas apa yang harus dilakukan oleh GPT.



Pengembang, misalnya, dapat membuat versi ChatGPT yang dioptimalkan untuk men-debug program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Pengguna dapat memberi GPT kumpulan data eksklusif untuk memperluas jangkauan tugas yang mampu dilakukannya.

Selain itu, chatbot khusus mungkin dilengkapi dengan kemampuan untuk menjelajahi web dan berinteraksi dengan layanan pihak ketiga melalui antarmuka pemrograman aplikasinya. Tim pemasaran dapat membuat GPT yang menganalisis log penjualan yang disimpan dalam database berbasis cloud untuk memprediksi permintaan di masa depan.

Menurut OpenAI, versi khusus ChatGPT juga dapat menghasilkan gambar. Kemampuan ini didukung oleh integrasi chatbot dengan DALL-E 3, model pembuatan gambar terbaru perusahaan.

“DALL-E 3 menafsirkan instruksi pengguna lebih akurat dibandingkan pendahulunya dan mencakup serangkaian fitur keselamatan yang diperluas,” tulis laman siliconangle, Jumat (5/1/2024).



GPT Store akan memungkinkan pelanggan OpenAI tidak hanya membagikan chatbot yang mereka buat tetapi juga memonetisasinya. Menurut OpenAi, pengembang ditetapkan untuk menghasilkan pendapatan “berdasarkan berapa banyak orang yang menggunakan GPT Anda.”

Bagi pengguna akhir, pasar akan menyediakan bilah pencarian untuk memudahkan tugas menemukan chatbot yang relevan. Di bagian lain antarmuka GPT Store, papan peringkat akan menyorot GPT populer.

Sebagai langkah tambahan, staf OpenAI berencana untuk menyoroti chatbot buatan pengguna yang dianggap sangat berguna. GPT Store adalah salah satu elemen dari upaya OpenAI yang lebih luas untuk memungkinkan pelanggan menyesuaikan ChatGPT untuk kasus penggunaan tertentu.

Untuk organisasi yang memerlukan penyesuaian lebih luas, OpenAI menawarkan program yang disebut Model Kustom. Ini memberikan kemampuan untuk melatih versi GPT-4, model bahasa besar yang mendukung ChatGPT, pada kumpulan data internal perusahaan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)