Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

Rabu, 03 Januari 2024 - 19:24 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca
Penyebab utama kartu SD tidak terbaca biasanya karena komponennya kotor. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Penyebab utama kartu SD tidak terbaca biasanya karena komponennya kotor. Jika dibiarkan, kartu SD atau disebut juga SD card akan mengalami kerusakan dan tidak terbaca pada perangkat dan gadget-mu.

Bukan hanya debu, kotornya kartu SD bisa karena adanya benda cair yang mengenai dan menempel pada kartu. Misalnya terkena keringat atau terkena tumpahan air.

Penyebab lain dari tidak terbacanya kartu SD di perangkat adalah kerja yang berlebihan dan full capacity. Kapasitas memori penyimpanan yang kecil tetapi diisi dengan file yang berukuran yang besar hingga melebihi kapasitas mempercepat masa pakai dan membuat file tidak terbaca.

Nah, setelah mendeteksi penyebab SD card tidak terbaca , kini saatnya kamu perlu tahu cara mengatasinya.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca

1. Bersihkan Permukaan Kartu


Bila ada file yang tidak terbaca, lepaskan kartu SD dan bersihkan dengan tisu kering atau lap bersih. Ya, lempengan emas pada SD card yang kotor akan sulit dibaca oleh sensor pada perangkat yang digunakan. Apalagi jika kamu kebiasaan melepas dan pasang sd card atau menyentuh bagian lempengan emasnya, lalu diletakkan di sembarang tempat.

2. Restart Perangkat


Restart gadget yang kamu gunakan, baik HP maupun laptop, agar kartu SD kembali terbaca. Cara lain, Matikan gadget kemudian lepas SD card untuk beberapa saat. Lalu, pasang dan aktifkan kembali ke perangkat. Sering mengakses situs yang tidak aman juga menjadi penyebab SD card tidak terbaca akibat serangan malware maupun virus.

3. Aplikasi Pihak Ketiga


Mengetahui keadaan kartu SD tidak terbaca melalui laptop atau PC juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi atau tools yang dimaksud adalah MiniTool Partition Wizard. Aplikasi ini bisa mengecek apakah SD card mengalami error atau tidak. Setelah itu, MiniTool bakal melakukan perbaikan partisi yang membuat SD card bisa digunakan kembali.

4. Coba Kartu SD di Perangkat Lain


Mengetahui bahwa kartu SD tidak terbaca dan memang benar-benar bermasalah bisa dengan cara menggunakan perangkat lain. Hal ini untuk memastikan apakah memang yang menjadi masalah adalah SD card atau justru perangkat yang kamu gunakan. Jika SD card ternyata terbaca di perangkat lain, maka permasalahan justru ada pada perangkat sebelumnya yang kamu gunakan, terutama di bagian slot memory-nya.

Cara ini memang bisa menjadi salah satu solusi agar tidak langsung menyatakan bahwa SD card rusak. Dengan begitu, kamu tidak harus melakukan format pada SD card tidak terbaca.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kartu SD tidak terbaca. Dapatkan berbagai produk gadget dan aksesoris gadget di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Malam ini, pukul 20.00 WIB, ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)