Ingin Tidur Nyenyak? Coba Pakai Night Shift iPhone

Selasa, 02 Januari 2024 - 19:00 WIB
loading...
Ingin Tidur Nyenyak? Coba Pakai Night Shift iPhone
Night Shift secara otomatis menyesuaikan warna yang dipancarkan dari layar belakang iPhone. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Fitur Night Shift di iPhone melindungi penglihatan dan meningkatkan kualitas tidur. Caranya pun sangat mudah untuk digunakan buat sehari-hari.

Sebuah studi yang dilansir Slash Gear, Selasa (2/1/2024) menunjukkan Night Shift secara otomatis menyesuaikan warna yang dipancarkan dari layar belakang iPhone. Fitur yang dirilis pada Maret 2016 melalui iOS 9.3 terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur karena suasana malam terasa lebih tenang. Pengguna pun bisa bangun lebih berenergi di pagi hari.

Keunggulan Night Shift lainnya karena pengaturannya relatif sederhana saat diaktifkan. Rahasianya berkaitan dengan cahaya biru yang bersuhu dingin pada spektrum terlihat dan ritme sirkadian yang fleksibel dengan kondisi tubuh manusia sejak puluhan ribu tahun lalu. Ritme sirkadian dipandu oleh jam internal yang memberi tahu kapan waktunya untuk tidur. Untuk sebagian besar orang, ritme sirkadian berjalan pada siklus 24 jam yang erat terkait dengan siang dan malam.

Secara teknis, Night Shift tidak mengurangi jumlah cahaya biru dari layar iPhone, tetapi menyaring tampilan dengan versi lebih hangat dan berwarna amber yang lebih cocok untuk mata.



Fitur ini mudah digunakan dan tersedia pada iPhone 5s atau iPad generasi ke-5 atau yang lebih baru, iPad Mini 2 bahkan generasi terakhir iPod Touch. Sebagian besar orang akan istirahat di malam hari dan menggunakan lebih banyak energi untuk menjadi lebih aktif selama siang hari. Untuk memfasilitasi itu, tubuh memiliki pemicu biologis yang memberi tahu kapan waktunya untuk tidur.

Ketika neuron di hipotalamus otak mendeteksi cahaya, itu memengaruhi produksi melatonin tubuh, hormon yang membuat rasa kantuk datang. Pada dasarnya, jika melihat layar iPhone dengan mode Shift Night di malam hari, otak memberi tahu tubuh saatnya tidur.

Cara mengaktifkannya dimulai dengan membuka Tampilan dan Kecerahan. Tekan Night Shift. Ketuk Terjadwal. Dari sini, dapat mengatur jam berapa ingin mengaktifkannya dan mematikannya.dengan mengatur Waktu Mulai tidak terlalu malam setelah matahari terbenam, sehingga mata dan tubuh tahu bahwa malam tiba.

Atur bagian Waktu Selesai pada saat ingin bangun di pagi hari. Pengguna juga dapat menggunakan penggeser dalam menu ini untuk membuat tampilan Night Shift lebih hangat atau kurang hangat. Semakin hangat, semakin baik untuk mata, meskipun mungkin Night Shift membuatnya terlalu hangat untuk dilihat dengan jelas atau memiliki alasan lain untuk membuatnya kurang hangat.



Ketika ingin mengaktifkan Night Shift secara manual, mungkin perlu tidur lebih awal dan hindari cahaya biru segera setelah matahari terbenam. Pengguna mungkin ingin mengaktifkan Night Shift di tengah hari, misalnya ketika sedang menonton film tetapi perlu tetap memerhatikan pesan penting. Night Shift akan meredupkan kecerahan layar dan dapat membuat tampilan ponsel dalam pengaturan gelap.

Ada dua cara sederhana untuk mengaktifkan Night Shift secara manual. Cara pertama melalui aplikasi Pengaturan dengan cara yang sama seperti akan menjadwalkan fitur tersebut. Buka Pengaturan di iPhone. Pergi ke Tampilan dan Kecerahan. Ketuk Night Shift. Nyalakan "Aktifkan Manual Hingga Besok." Jika tidak ingin mengulangi langkah-langkah ini untuk mematikan Night Shift untuk kesempatan khusus ini, ponsel otomatis akan melakukannya untuk keesokan paginya.

Cara yang lebih cepat untuk melakukannya adalah melalui Pusat Kontrol iPhone, yang dapat diakses dengan menggeser jari dari sudut kanan atas layar iPhone . Dari sana, cukup tekan kuat penggeser Kecerahan, yang akan memberi tombol untuk mengaktifkan atau mematikan Night Shift secara instan, tak peduli apakah matahari sudah terbenam atau belum.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)