LG Segera Luncurkan Robot AI Asisten Rumah Tangga, Berapa Harganya?

Jum'at, 29 Desember 2023 - 13:58 WIB
loading...
LG Segera Luncurkan Robot AI Asisten Rumah Tangga, Berapa Harganya?
Robot Smart Home AI Agent buatan LG. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi robot semakin pesat dan sudah bisa diproduksi secara massal. Kabar terbaru, raksasa teknologi asal Korea Selatan, LG siap meluncurkan robot artificial intelligence (AI) di awal tahun 2024.

Robot yang diberi nama Smart Home AI Agent itu sebakan berperan sebagai asisten rumah tangga. Dilansir dari Interesting Engineering, Jumat (29/12/2023), AI Agent dilengkapi dengan teknologi multi-modal terbaru yang memungkinkannya bergerak, belajar, memahami, hingga bercakap dengan majikannya.

Perangkat cerdas ini dapat berinteraksi secara verbal dengan pengguna dan mengekspresikan emosi serta gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel, yang membuatnya juga bisa menjelajahi rumah secara mandiri.

Selain itu, robot AI LG mampu menggabungkan pengenalan suara dan gambar serta pemrosesan bahasa alami. Dengan begitu, dia dapat dengan mudah memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna.



AI Agent juga terhubung dengan berbagai peralatan berbasis IoT dan mampu mengoperasikannya secara mandiri. Berkat platform Qualcomm Robotics RB5, dia juga memiliki fitur pengenalan wajah dan suara .

AI Agent bisa menggunakan kamera, speaker, dan sensor internal untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan. Membuatnya leluasa untuk bertugas sebagai asisten rumah tangga.

Seluruh fitur yang dimiliki robot AI Agent LG bukan hanya memungkinkannya untuk menjadi asisten rumah tangga biasa tapi juga bisa ditugaskan untuk merawat hewan peliharaan dan menjaga keamanan rumah dari aktivitas mencurigakan.

AI Agent dapat berpatroli di dalam rumah secara mandiri saat tidak ada orang, berpindah ruangan, dan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna apabila terdapat jendela yang terbuka ataupun lampu yang masih menyala.



Tidak berhenti di situ, AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan di seluruh rumah apabila telah dihubungkan ke stopkontak cerdas yang terhubung dengan IoT.

Saat pengguna pulang ke rumah, AI Agent akan menyambut pengguna di pintu depan. AI Agent akan menganalisis suara dan ekspresi wajah pengguna untuk membaca emosi dan memainkan musik ataupun konten lainnya yang sesuai dengan suasana hati pengguna.

AI Agent juga mampu memberikan informasi mengenai transportasi, cuaca, jadwal pribadi, dan mengingatkan pengguna untuk minum obat sehingga membantu keseharian pengguna. Robot pintar LG ini akan meluncur di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang digelar di Las Vegas Convention Center pada 9-12 Januari 2024 mendatang. Untuk kisaran harganya, masih belum dirilis.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)