Bagaimana CAPTCHA Membedakan Robot dan Manusia? Berikut Penjelasannya

Senin, 25 Desember 2023 - 07:35 WIB
loading...
Bagaimana CAPTCHA Membedakan Robot dan Manusia? Berikut Penjelasannya
Cara CAPTCHA Membedakan Robot dan Manusia. FOTO/ IFL
A A A
LONDON - CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah sistem keamanan yang digunakan untuk membedakan antara manusia dan robot.



Seperti dilansir dari IFL Science, Senin (25/12/2023), CAPTCHA bekerja dengan cara memberikan pertanyaan atau tugas yang sulit untuk dijawab atau diselesaikan oleh robot, tetapi mudah untuk dijawab atau diselesaikan oleh manusia.

Ada beberapa jenis CAPTCHA yang berbeda, tetapi secara umum, CAPTCHA bekerja dengan cara berikut:

1. Teks CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan susunan teks, angka, atau simbol yang terdistorsi. Pengguna diminta untuk mengetikkan kembali teks tersebut dengan benar. Robot biasanya kesulitan untuk mengetikkan kembali teks yang terdistorsi, karena mereka tidak dapat memahami konteks teks tersebut.

2. Gambar CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan gambar yang terdiri dari beberapa objek. Pengguna diminta untuk memilih objek tertentu dari gambar tersebut. Robot biasanya kesulitan untuk memilih objek yang tepat dari gambar, karena mereka tidak dapat memahami konteks gambar tersebut.

Puzzle CAPTCHA: CAPTCHA jenis ini menampilkan puzzle yang harus diselesaikan oleh pengguna. Robot biasanya kesulitan untuk menyelesaikan puzzle, karena mereka tidak dapat memahami cara kerja puzzle tersebut.

3. Selain itu, CAPTCHA juga dapat menggunakan teknik-teknik lain untuk membedakan antara manusia dan robot, seperti:

Analisis gerakan mouse: CAPTCHA dapat menganalisis gerakan mouse pengguna untuk menentukan apakah pengguna adalah manusia atau robot. Robot biasanya tidak dapat meniru gerakan mouse manusia yang tidak teratur.

Analisis waktu reaksi: CAPTCHA dapat mengukur waktu reaksi pengguna untuk menentukan apakah pengguna adalah manusia atau robot. Robot biasanya memiliki waktu reaksi yang lebih cepat daripada manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)