Kenapa Layar Mati saat Menelpon di WhatsApp? Ternyata Ini Penyebabnya!

Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:54 WIB
loading...
Kenapa Layar Mati saat Menelpon di WhatsApp? Ternyata Ini Penyebabnya!
Layar mati saat menelepon WhatsApp disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya sensor proximity. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kenapa layar mati saat menelpon di WhatsApp ? Hal tersebut dikarenakan kebanyakan smartphone saat ini telah dibekali dengan teknologi yang membuat layar mati ketika melakukan panggilan.

Teknologi yang menyebabkan layar mati ini adalah sebuah sensor yang bernama Proximity . Saat ini hampir seluruh smartphone sudah menggunakan sensor tersebut.

Cara kerja sensor proximity sendiri adalah dengan mendeteksi wajah pengguna ketika mendekati layar hp saat kondisi panggilan masuk. Sehingga sebagian besar layar ponsel saat ini akan otomatis mati ketika panggilan telepon. Adanya fitur ini bukanlah tanpa sebab.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan layar harus mati di saat menelpon di WhatsApp, diantaranya seperti, menghemat baterai, atau membantu pengguna agar tidak salah pencet.

Meskipun sensor proximity memang sudah ada dan langsung bekerja secara otomatis, namun sistem ini dapat dimatikan. Sehingga pengguna dapat menelpon dengan kondisi layar hidup.

Cara menonaktifkan sensor proximity :

- Buka menu pengaturan
- Masuk ke opsi Aplikasi
- Pilih "Setelah Panggilan"
- setelah itu matikan opsi "Sensor Jarak".

Namun sensor proximity ini juga bisa saja tidak berfungsi ketika smartphone dalam keadaan kotor, sehingga sensor tersebut tertutupi kotoran dan tidak dapat berfungsi dengan baik.



Untuk versi WhatsApp lawas juga biasanya belum ada fitur yang mendukung keberadaan sensor proximity ini sehingga perlu melakukan pembaharuan terlebih dahulu.

Untuk sejumlah HP lawas yang belum dibekali dengan sensor proximity juga tidak akan mengalami mati layar ketika melakukan panggilan WhatsApp.
Itulah penjelasan kenapa layar mati saat menelpon di WhatsApp. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi setiap penggunaWhatsApp.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)