Israel Klaim Rekrut Hacker Muslim untuk Perangi Hamas

Rabu, 20 Desember 2023 - 07:00 WIB
loading...
Israel Klaim Rekrut Hacker Muslim untuk Perangi Hamas
Israel mengklaim menggunakan jasa para hacker muslim untuk membuat Iron Dome digital. (Foto: INGIMAGE)
A A A
JAKARTA - Operasi militer Israel melawan Hamas tak hanya melibatkan serangan fisik melalui jalur darat, laut dan udara di jalur Gaza. Pertempuran di ranah siber juga tak kalah seru. Israel bahkan mengklaim menggunakan jasa para hacker muslim untuk membuat Iron Dome digital.

Dilansir dari JPost, Rabu (20/12/2023), Israel mengalami peningkatan 55 persen dalam serangan siber terhadap situs web pemerintah dan keamanan sejak pecahnya perang. Tugas memimpin serangan dan pertahanan di wilayah ini diserahkan ke Doron Amir, CEO CyTaka, sebuah perusahaan keamanan siber terkemuka. Amir menganjurkan tidak hanya pertahanan siber tetapi juga kemampuan serangan untuk mencegah dan melawan ancaman siber.

Amir bukanlah sosok baru. Pengusaha Israel yang fokus dalam perangkat lunak, siber, dan keamanan informasi ini telah berkecimpung di dunia siber selama bertahun-tahun.

Selain itu, dia secara aktif mempromosikan kolaborasi antara orang Israel dan hacker dari negara-negara Muslim dan Arab, bahkan beroperasi dari kantor di Dubai dengan Globus Research and Development. Amir juga mengupayakan penyatuan komunitas ultra-Ortodoks dan sekuler, mempromosikan kesetaraan gender di teknologi tinggi, dan menangani masalah pengangguran.



Kiprah Amir dimulai pada 2010, sebuah titik balik dalam sektor siber, ditandai dengan virus komputer Stuxnet. Program ini, dikembangkan oleh Unit 8200 dan NSA, mengekspos kerentanan fasilitas nuklir terhadap serangan siber. Amir menyoroti pentingnya peristiwa ini, menekankan kerusakan potensial yang dapat disebabkan oleh perang siber pada infrastruktur kritis.

Tentang kemajuan Israel dalam operasi siber ofensif, Amir menunjukkan meskipun memiliki pemimpin berbakat di bidang ini, kemenangan strategis tidak dapat dijamin hanya dengan keahlian taktis semata. Dia mencontohkan, dalam Perang Dunia II, meskipun memiliki keterampilan dan peralatan yang unggul, pilot Jerman akhirnya kalah dalam perang.

Dalam perang siber, satu hacker brilian dapat menciptakan kekacauan tetapi tidak menjamin kesuksesan jangka panjang. Pendekatan komprehensif yang menumbuhkan lebih banyak profesional siber terampil sangat penting untuk kemenangan.



Amir menjadikan tahun 2015 sebagai tonggak penting untuk operasi siber ofensif di Israel. Sebelumnya, ranah siber sebagian besar dikelola oleh IDF dan pasukan keamanan, mengabaikan sektor sipil. Hal ini menciptakan kekosongan yang memungkinkan hacker berkembang, menyebabkan kekacauan ranah siber yang mirip Wild West.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2852 seconds (0.1#10.140)