Pengguna 3 Sosial Media Ini Diminta untuk Hati-hati saat Login

Senin, 18 Desember 2023 - 09:04 WIB
loading...
Pengguna 3 Sosial Media Ini Diminta untuk Hati-hati saat Login
Pengguna 3 Sosial Media Ini Diminta untuk wasapada!. FOTO/ DOK DAILY
A A A
LONDON - Pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp diperingatkan untuk mengubah tiga pengaturan untuk menghentikan pencurian identitas dan empat kesalahan login yang harus dihindari.



Pakar keamanan memperingatkan semua pengguna untuk melakukan perubahan pada pengaturan mereka sesegera mungkin, sebab akun media sosial adalah target utama pencuri identitas karena kebiasaan membagikan hal pribadi di akun media sosial.

Tak banyak yang tahu bahwa mengupload foto selfie, data diri dengan gegabah bahkan bisa mengakibatkan konsekuensi yang sangat serius, memberikan celah bagi penjahat untuk mendapatkan akses ke rekening bank Anda.

Kini para ahli di Keeper Security telah mengungkap bahaya pencurian identitas melalui media sosial, sekaligus membagikan tips agar data diri Anda tetap aman.

“Ketika penjahat dunia maya hanya mempunyai cukup informasi tentang Anda, mereka dapat menggunakannya untuk mencuri identitas Anda,” kata Aranza Trevino dari Keeper Security seperti dilansir dari The Sun.

“Pencurian identitas tidak hanya memakan banyak biaya untuk pemulihannya, namun juga memakan waktu, serta menguras mental dan emosional. Semua akun media sosial Anda harus memiliki pengaturan privasi yang ketat," imbuhnya.

Pakar keamanan siber juga memperingatkan pengguna atas empat kesalahan login. Saat Anda menyiapkan kata sandi baru, mudah untuk memilih kata sandi sederhana yang mudah diingat atau menggunakan kembali kata sandi yang rumit.

Lebih buruk lagi, Anda mungkin menggunakan kembali kata sandi yang sangat sederhana.

Hal ini sangat memudahkan peretas untuk membobol akun Anda, sehingga Anda harus mengubah kata sandi Anda sesegera mungkin.

Empat aturan yang tidak boleh Anda langgar saat membuat kata sandi meliputi:

Menggunakan setidaknya 16 karakter
Termasuk huruf besar dan kecil
Termasuk angka
Termasuk simbol
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)