5 Tips Aman Pakai Earphone Tanpa Gangguan Pendengaran

Minggu, 10 Desember 2023 - 22:38 WIB
loading...
5 Tips Aman Pakai Earphone Tanpa Gangguan Pendengaran
Banyak pilihan earphone berkualitas, baik yang menggunakan kabel maupun jenis earbuds yang umumnya tanpa kabel alias wireless. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Ketahui tips aman pakai earphone berikut ini. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami gangguan pendengaran. Meski handphone sudah punya speaker bawaan, namun sebagian dari kamu masih saja merasa kurang. Solusinya, Anda bisa menggunakan earphone atau headset eksternal.

Saat ini sudah banyak pilihan earphone berkualitas, baik yang menggunakan kabel maupun jenis earbuds yang umumnya tanpa kabel alias wireless.

Tips Aman Pakai Earphone

1. Pilih Volume Terendah


Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik, seolah-olah musik masuk ke dalam tubuh, tapi ini dapat merusak pendengaran. Oleh karena itu, kamu perlu mengecilkan volume, tidak hanya musik ataupun suara yang sedang kamu dengar, melainkan juga kondusifkan lingkungan sekitarmu.

Terkadang, kamu sengaja mengencangkan volume karena suara di lingkungan sekitar yang juga berisik. Bila itu terjadi, ada baiknya kamu pindah tempat atau mencari ruangan yang lebih nyaman, sehingga kamu bisa mendengarkan musik tanpa harus membesarkan volumenya.

2. Gunakan Peredam Kebisingan


Jika kamu menggunakan earphone untuk meredam suara di sekitar, menaikkan volume suara/musik hanya akan merusak pendengaran. Sebagai gantinya, kamu bisa mengatasi situasi ini lewat mengganti earphone dengan headphone peredam bising. Ini cara kerjanya menyumbat telinga, supaya suara dari luar tidak terdengar dan tidak mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

3. Batasi Intensitas dan Durasi Penggunaan Earphone


Jaga pendengaran dari dampak buruk earphone dengan membatasi penggunaannya. Cobalah untuk mengistirahatkan telinga dari penggunaan earphone.

Menurut World Health Organization (WHO), lebih dari 1 miliar remaja dan orang dewasa di dunia berisiko kehilangan pendengaran, akibat penggunaan perangkat audio di luar batas aman.

Semakin lama mendengarkan musik keras, maka semakin tinggi pula kemungkinan kamu mengalami gangguan pendengaran. Praktikkan cara mendengarkan musik yang aman dengan menerapkan 60 – 60. Artinya, kamu hanya menggunakan 60 persen volume maksimum selama 60 menit. Setelahnya, jauhkan earphone dan biarkan telingamu “bernapas” atau beristirahat.

4. Batasi Volume


Beberapa perangkat earphone dapat disetel untuk hanya bisa dipasang pada volume tertentu saja. Dengan menetapkan batasan volume maksimum, kamu tidak dapat mengutak-atik lagi volume dan menggantinya dengan volume lebih besar.

5. Hindari Penggunaan saat Tidur


Saat tertidur, telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone, apalagi kondisi koklea (rumah siput) cukup sensitif terhadap gelombang suara.

Selain itu, ada pula dugaan bahwa mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone atau headset membuat otak jadi kurang beristirahat. Parahnya, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh alat tersebut juga dapat merusak sel-sel pada otak.

Itulah lima tips aman pakai earphone dan earbuds. Dapatkan gadget dan aksesoris terlengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .

Buat yang ingin dapetin promo gadget dan aksesori murah, hari ini, 10 Desember pukul 20.00 WIB, AladinMall hadir di Shop+-nya RCTI+ #FirstLiveShopingonOTT. Yuk, join dan dapatkan harga khusus hanya selama live berlangsung.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2893 seconds (0.1#10.140)