Pembangunan Pusat Monitoring Telekomunikasi Dorong Ekosistem Digital

Selasa, 05 Desember 2023 - 02:13 WIB
loading...
Pembangunan Pusat Monitoring Telekomunikasi Dorong Ekosistem Digital
Dorong eksosistem digital di Indonesia, TOP Digital Awards 2023, di Jakarta, Senin (4/12/2023). FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kominfo mengajak semua pihak terus bekerja sama untuk mendorong adopsi teknologi digital di Indonesia. Terlebih, teknologi digital berperang penting mendukung berkembangnya ekonomi digital.



“Adopsi teknologi digital dan pembentukan ekosistem digital yang dapat mendukung kegiatan usaha sangat penting. Oleh karena itu mari kita terus bekerja sama, berkolaborasi, berkoordinasi, bersinergi untuk mendorong adopsi teknologi digital di Indonesia,” ajak R. Wijaya Kusumawardhana selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Sosial dan Budaya Menteri Kominfo, saat mewakili Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi sebagai pembicara kunci di TOP Digital Awards 2023, di Jakarta, Senin, (4/12/2023)

Berkaca dari pengalaman Korea Selatan sebagai salah satu negara yang dapat keluar dari middle income trap, lanjutnya, Indonesia perlu melakukan industrialisasi berbasis teknologi dan inovasi untuk meningkatkan produktivitas.

“Jika ingin melakukan langkah yang sama, Indonesia juga perlu melakukan efisiensi sistem pemerintahan dan kebijakan publik yang mendukung iklim inovasi. Hal ini sejalan dengan prediksi yang dilakukan oleh Asian Development Bank pada tahun lalu,” tutur Wijaya Kusumawardhana.

Tahun 2023 ini, pemerintah melalui Kominfo berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan infrastruktur digital yang merata tentunya mulai tingkat backbone hingga lastmile termasuk di dalamnya pembangunan infrastruktur Pusat Monitoring Telekomunikasi.

“Salah satu yang menjadi komitmen adalah peluncuran Satria-1 yang telah dilaksanakan pada bulan Juni lalu dan juga dilakukan pembangunan 11 stasiun bumi dan diharapkan pada bulan Januari 2024 telah dapat beroperasi secara penuh,” kata Wijaya Kusumawardhana.

“Demikian juga pembangunan Pusat Monitoring Telekomunikasi yang berlokasi di Jakarta telah dilengkapi dengan alat ukur yang ditempatkan di berbagai perbatasan negara untuk mengawal kedaulatan NKRI,” pungkasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)