WhatsApp Hadirkan Fitur Chat Lock untuk Lindungi Obrolan Rahasia

Jum'at, 01 Desember 2023 - 17:39 WIB
loading...
WhatsApp Hadirkan Fitur Chat Lock untuk Lindungi Obrolan Rahasia
Aplikasi percakapan instan WhatsApp menghadirkan fitur Chat Lock untuk melindungi obrolan rahasia. Foto/Tech.co
A A A
LONDON - Aplikasi percakapan instan WhatsApp menghadirkan fitur Chat Lock untuk melindungi obrolan rahasia. Fitur Chat Lock diaktifkan dengan mengatur kode rahasia dengan password atau kata sandi.

Fitur Chat Lock atau Kunci Obrolan memungkinkan pengguna melindungi percakapan yang sensitif dengan kode sandi ponsel, pengenalan wajah, atau sidik jari. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengatur kata sandi unik untuk memastikan percakapan di WhatsApp tidak bisa dintip orang lain.

“Hari ini kami meluncurkan kode rahasia, sebuah cara tambahan untuk melindungi obrolan dan membuat lebih sulit ditemukan jika seseorang memiliki akses ke telepon Anda atau Anda berbagi telepon dengan orang lain,” keterangan WhatsApp dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Jumat (1/12/2023).



WhatsApp sudah meluncurkan fitur Chat Lock pada bulan Mei, memungkinkan pengguna mengunci percakapan pribadi dengan kode sandi ponsel, ID Wajah, atau sidik jari. Kode rahasia merupakan perpanjangan dari fitur ini yang memungkinkan pengguna mengatur kata sandi secara personal.

Bahkan pengguna dapat memilih untuk menggunakan kata-kata atau emoji untuk kode rahasia sehingga sulit untuk dibuka orang lain. “Kata sandi unik memberikan perlindungan privasi ekstra pada obrolan yang terkunci,” tambah WhatsApp.
WhatsApp Hadirkan Fitur Chat Lock untuk Lindungi Obrolan Rahasia


Meskipun fitur Chat Lock saat ini diamankan di folder terpisah, pengguna juga memiliki opsi untuk menyembunyikan folder ini sepenuhnya dari daftar obrolan. Jika pengguna memilih opsi ini, obrolan hanya dapat ditemukan dengan mengetikkan kode rahasia di bilah pencarian.

“Setiap kali ada obrolan baru yang ingin dikunci, kini pengguna dapat menekan lama untuk menguncinya daripada mengunjungi pengaturan obrolan,” tambah WhatsApp.



Peluncuran fitur baru ini kemungkinan akan disambut baik oleh banyak pengguna WhatsApp, yang sudah menyukai fitur Chat Lock. Fitur oni mulai diluncurkan hari ini dan akan tersedia secara global dalam beberapa bulan mendatang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)