Tajir Melintir, Ini Daftar Kekayaan CEO OpenAI Sam Altman

Jum'at, 01 Desember 2023 - 10:54 WIB
loading...
Tajir Melintir, Ini Daftar Kekayaan CEO OpenAI Sam Altman
CEO OpenAI Sam Altman memiliki pundi-pundi rupiah berlimpah, mulai dari tanah, rumah, peternakan hingga koleksi mobil mewah. (Foto: Business Insider)
A A A
JAKARTA - Bekerja di perusahaan teknologi raksasa menjadikan CEO OpenAI Sam Altman memiliki banyak pundi-pundi rupiah. Tapi sumber keuangannya tak hanya dari situ.

Sam Altman juga memiliki investasi kendaraan, perusahaan dan properti di sejumlah lokasi. Bussiness Insider mencatat Sam Altman pernah melakukan pembelian properti selama 18 bulan senilai USD85 juta atau sekitar Rp1,3 triliun, termasuk estate di Hawaii senilai USD43 juta.

Pembelian ini juga mencakup tempat tinggal bernilai jutaan dolar di San Francisco dan Napa, California, antara awal 2020 dan pertengahan 2021. Di rentang waktu ini Altman sedang mendapatkan dukungan untuk startup kripto Worldcoin dan merilis produk OpenAI dalam beta pribadi.

Kekayaan Sam Altman


Jumlah kekayaan Sam Altman tidak diketahui pasti. Sebagai CEO OpenAI, gajinya hanya USD58.333 dan saham ekuitasnya di perusahaan itu juga kecil. Namun, dia telah melakukan lebih dari 400 investasi dalam sembilan tahun terakhir di berbagai bidang, mulai dari penerbangan komersial hingga implan otak.



Pada awal tahun ini, Altman sempat memberikan sindiran kepada rekan-rekan eksekutif teknologi lainnya yang mengumpulkan terlalu banyak kekayaan. "Konsep memiliki cukup uang bukan sesuatu yang mudah untuk disampaikan kepada orang lain," kata Altman di Bloomberg Technology Summit di San Francisco.

Tetapi seiring dengan pertumbuhan kekayaan Altman, ia semakin menjauh dari kehidupan sehari-hari mereka yang bukan ultra-ultra-kaya. Ibunya mengatakan kepada The Wall Street Journal pada bulan Maret bahwa Altman tidak pernah pergi ke pusat perbelanjaan selama empat atau lima tahun terakhir. Pada tahun 2021, ia menyewa sepupunya untuk mengelola kantor keluarganya.

Berikut deretan aset milik Sam Altman

1. Estate senilai USD43 juta di Hawaii


Pada Juli 2021, Altman membeli estate berisi 12 kamar tidur di Kailua-Kona di Pulau Besar Hawaii senilai USD43 juta. Properti ini memiliki teluk pribadi dan beberapa rumah. Estate ini bersebelahan dengan tugu nasional, rekonstruksi kuil kerajaan Raja Kamehameha I, penguasa pertama Kepulauan Hawaii yang disatukan.

"Tanah di sini sangat suci," kata manajer keamanan properti dalam video terbaru yang diunggah di YouTube tentang estate tersebut, meminta pengunjung untuk bersikap hormat.
Properti ini, katanya, saat ini berada di tempat rumah asli Raja Kamehameha I berada. Dia menambahkan tanah ini adalah salah satu tempat paling bersejarah di sini di Hawaii.

Video kedua menyoroti fasilitas petualangan di estate ini, termasuk lompat tebing, berkendara motor, wakesurfing, Jet Ski, dan menyelam.

Dengan kepemilikan properti ini Sam Altman bergabung dengan daftar tokoh Silicon Valley dengan estate di Hawaii, termasuk Mark Zuckerberg, yang pembelian propertinya di pulau Kauai telah menimbulkan kontroversi, dan Larry Ellison, yang memiliki sebagian besar pulau Lanai. Marc Benioff, Jeff Bezos, dan Peter Thiel juga telah membeli properti berukuran besar di kepulauan tersebut.


2. Rumah senilai USD27 juta di San Francisco


Tempat tinggal sehari-hari Altman berada di Russian Hill, San Francisco. Dia membelinya melalui LLC pada Maret 2020 senilai USD27 juta. Kompleks ini, dengan pemandangan indah ke San Francisco, mencakup rumah utama, pusat kesehatan, kolam, dan garasi bawah tanah. Properti ini merupakan markas bagi beberapa kendaraan investasi Altman, termasuk perusahaan modal ventura Apollo Projects, 9Point Ventures, dan Uncommon Ventures.

3. Peternakan senilai USD15,7 juta di Napa


Sam Altman memiliki sebuah peternakan di Napa. Dia membeli properti seluas 950 hektar pada akhir 2020 senilai USD15,7 juta melalui LLC. Estate ini terdiri dari lima rumah dan kebun anggur di lanskap utara California yang indah. Beberapa perusahaan Altman terdaftar atau pernah terdaftar di alamat tersebut, termasuk Project 2024 LLC serta perusahaan modal ventura Altman lainnya, Hydrazine Capital.

"Sulit dijelaskan betapa indahnya hidup di tempat di mana masih ada berang-berang sungai di propertimu dan ek di abad ke-21," kata pemilik sebelumnya, desainer Hollywood Bob Dickinson, kepada San Francisco Chronicle. Sam Altman sering kali mengajak teman dan koleganya ke properti tersebut.

4. Tanah di Big Sur, mobil, dan pesawat


Pada tahun 2016, Sam Altman mengatakan memiliki tempat peristirahatan di Big Sur, California, di mana dia bisa terbang ke sana kapan pun. Dokumen tahun 2010 menunjukkan Altman berlisensi untuk terbang dengan pesawat satu mesin, dan dia telah memposting tentang fakta-fakta tentang pesawat kecil di X.

Dalam wawancara dengan The New Yorker, Altman juga mengaku memiliki lima mobil, termasuk dua McLaren dan Tesla. Altman memposting di X pada tahun 2014 tentang memiliki Tesla Roadster. Mobil-mobil tersebut sekarang menjadi barang koleksi yang dijual dengan harga lebih dari USD100.000. Dia juga pernah memposting memiliki Tesla Model S 2013.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)