Daftar Istilah AI yang Wajib Diketahui

Kamis, 30 November 2023 - 21:40 WIB
loading...
Daftar Istilah AI yang Wajib Diketahui
Ada cukup banyak istilah yang kerap digunakan ketika membahas kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Foto/Analytics Insight
A A A
JAKARTA - Ada cukup banyak istilah yang kerap digunakan ketika membahas kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Terkadang istilah-istilah ini masih awam sehingga sulit dimengerti.

Untuk itu penting mengetahui istilah-istilah AI. Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu dipahami agar dapat lebih mengenali istilah AI dan menjadi bagian dari percakapan global.

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI)

AI adalah sistem komputer yang sangat cerdas, yang dapat meniru manusia dalam beberapa hal. Misalnya memahami apa yang disampaikan orang, membuat keputusan, menerjemahkan bahasa, menganalisis apakah sesuatu bernada negatif atau positif, dan bahkan belajar dari pengalaman.



Sifatnya buatan karena kecerdasannya dibuat oleh manusia menggunakan teknologi. Kadang orang mengatakan sistem AI memiliki otak digital, tetapi AI bukanlah mesin atau robot fisik — AI adalah program yang berjalan di komputer.

Program ini bekerja dengan memasukkan koleksi data yang sangat besar melalui algoritma, yang merupakan serangkaian instruksi, untuk membuat model yang dapat mengotomatisasi tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan dan waktu manusia. Tak jarang, manusia juga berinteraksi dengan sistem AI, seperti ketika meminta Bing untuk membantu melakukan sesuatu.

2. Pembelajaran Mesin (Machine Learning / ML)

Jika AI adalah tujuan, maka machine learning adalah bagaimana kita dapat mencapai tujuan tersebut. Machine learning merupakan bidang ilmu komputer di bawah payung AI, di mana manusia mengajarkan sistem komputer cara melakukan sesuatu, dengan melatihnya untuk mengidentifikasi pola dan membuat prediksi berdasarkan pola tersebut.

Data dijalankan melalui algoritma secara berulang, dengan memberikan masukan dan umpan balik yang berbeda, untuk membantu mesin belajar dan meningkatkan performa selama proses pelatihan. Misalnya, berlatih tangga nada piano 10 juta kali agar dapat membaca not musik secara cepat di kemudian hari.



Proses ini sangat membantu memecahkan masalah yang akan sulit atau tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan teknik pemrograman tradisional. Itulah mengapa large language model (LLM) yang menggunakan machine learning, seperti Bing Chat dan ChatGPT, tiba-tiba muncul.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)