Profil 2 Pendiri ChatGPT, Sama-Sama Bikin Heboh Dunia

Kamis, 23 November 2023 - 23:00 WIB
loading...
Profil 2 Pendiri ChatGPT, Sama-Sama Bikin Heboh Dunia
Elon Musk merupakan pebisnis kaya dan terkenal asal Amerika Serikat. (Foto: Benziga)
A A A
JAKARTA - Dunia teknologi dihebohkan dengan kehadiran ChatGPT dalam kurun waktu setahun terakhir. Teknologi canggih tersebut memiliki kesamaan dengan InstructGPT, yang sengaja diciptakan untuk mengikuti instruksi secara cepat dengan respons detail.

Sementara itu, GPT atau Generative Pre-trained Transformers sendiri merupakan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang mendukung ChatGPT. Model GPT memberikan aplikasi kemampuan untuk membuat konten dan teks yang menyerupai buatan manusia, serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan.

ChatGPT dikembangkan oleh perusahaan riset kecerdasan buatan bernama OpenAI. Nama-nama besar seperti Elon Musk dan Sam Altman ada di balik berdirinya OpenAI dan ChatGPT.


Berikut profil singkat pendiri ChatGPT dirangkum dari berbagai sumber:

Elon Musk


Elon Musk merupakan pebisnis kaya dan terkenal asal Amerika Serikat (AS). Ia lahir pada 28 Juni 1971 di Afrika Selatan. Selain OpenAI, Musk juga mempunyai beberapa perusahaan lain, termasuk SpaceX, Tesla, dan Neuralink. Menurut data terkini Forbes (diakses oleh Litbang pada 23 November 2023), saat ini Musk masih menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia. Ia memiliki harta sebesar USD241,1 miliar.

Elon Musk membeli 9,2% saham Twitter pada tahun 2022 lalu. Musk mengeluarkan uang hingga USD2,9 miliar atau Rp41,4 triliun untuk menguasai 73.486.938 saham Twitter. Dengan besaran saham itu, Musk menjadi pemegang saham terbesar di Twitter di atas The Van Guard Group Inc (8,39%), BlackRock Fund Advisor (4,56%), SSgA Funds Management Inc (4,54%), Aristotle Capital Management LLC (2,51%), ARK Investment Management LLC (2,15%), Fidelity Management and Research (2,14%), dan Clear Bridge Investment LLC (2,09%). Belakangan namanya menjadi banyak perbincangan setelah dituduh anti-Yahudi .


Sam Altman


Profil pendiri OpenAI sekaligus ChatGPT lainnya, Sam Altman , juga tak kalah menarik. Altman yang memiliki nama lengkap Samuel Harris Altman merupakan pebisnis dan investor AS kelahiran Chicago, 22 April 1985. Ia terkenal sebagai pendiri dan CEO OpenAI dan pengembang ChatGPT.

Sebelum bergabung dengan OpenAI, Altman menjabat sebagai presiden akselerator di salah satu perusahaan perintis teknologi Y Combinator. Tidak ada yang tahu pasti berapa kekayaan Altman, namun kantor berita Diario AS dan The Street menyebut bahwa Altman memiliki kekayaan hingga USD500 miliar.

Beberapa hari lalu, publik dikejutkan dengan berita dipecatnya Sam Altman dari posisi CEO OpenAI oleh dewan direksi yang tidak mempercayai kemampuan Altman untuk terus memimpin OpenAI. Namun, OpenAI mengumumkan pada Rabu (22/11/2023), Sam Altman kembali menjadi CEO OpenAI, seiring dengan kehadiran dewan direksi yang baru.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)