Cara Cek Instagram Kita Dibobol atau Tidak

Kamis, 23 November 2023 - 22:05 WIB
loading...
Cara Cek Instagram Kita Dibobol atau Tidak
Setidaknya ada lebih dari 1 miliar akun pengguna aktif bulanan Instagram di seluruh dunia. (Foto: Independent)
A A A
JAKARTA - Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak dipakai orang. Melalui aplikasi gratis Instagram, orang dapat terkoneksi dan memperoleh informasi maupun inspirasi. Bagi sebagian orang, platform ini juga digunakan sebagai peluang pemasaran.

Setidaknya ada lebih dari 1 miliar akun pengguna aktif bulanan Instagram di seluruh dunia. Hal tersebut menjadikan Instagram, selain populer, juga menjadi target besar para penjahat siber yang ingin meretas akun pengguna. Lantas, bagaimana cara mengecek Instagram kita dibobol atau tidak?

Agar terhindar dari kejahatan siber, berikut beberapa cara cek Instagram kena hack:

1. Kata Sandi atau Informasi Akun Berubah


Kata sandi atau informasi akun dapat saja berubah tanpa sepengetahuan kita. Jika kita sebagai pemilik akun tidak bisa masuk ke akun karena adanya perubahan kata sandi atau informasi akun, padahal kita tidak mengubahnya, maka ini merupakan salah satu tanda bahwa akun kita diakses oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.


2. Adanya Aktivitas Tidak Biasa


Cara lain untuk mengecek akun Instagram kita dibobol, perhatikan apakah ada aktivitas yang tidak biasa pada akun kita. Misalnya, ada unggahan atau komentar yang tidak kita buat, atau akun kita mengikuti akun-akun yang tidak dikenal. Jika itu terjadi, maka akun kita kemungkinan dibobol.

3. Menerima Pesan atau Email Tidak Dikenal


Jika kita menerima pesan atau email dari Instagram, seperti permintaan penggantian kata sandi, padahal kita tidak memintanya, kita perlu waspada. Sebab, hal itu salah satu tanda adanya kegiatan yang mencurigakan pada akun Instagram kita.

4. Pengaturan Berubah


Cek pengaturan akun Instagram, termasuk email atau nomor telepon terkait. Jika ada perubahan yang tidak kita lakukan sendiri, itu merupakan tanda akun Instagram kita dibobol.

5. Tidak Dapat Mengakses Akun


Bila kita tidak membuat perubahan untuk mengakses akun, namun tiba-tiba kita tidak dapat mengakses akun sendiri, hal ini tentu mencurigakan. Ini merupakan tanda bahwa seseorang telah mengakses akun yang kita miliki.


6. Adanya Aktivitas Login yang Tidak Dikenal


Jika kita perhatikan, Instagram kerap memberikan notifikasi ke pengguna saat ada aktivitas login yang tidak biasa. Janga diabaikan, sebab itu merupakan pengingat buat kita untuk segera memeriksa keamanan akun .

Bila curiga akun Instagram diakses oleh pihak lain tanpa izin, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengambil kontrol kembali atas akun. Segera ganti kata sandi dan mengikuti langkah-langkah pemulihan yang disediakan oleh Instagram. Selain itu, untuk memperoleh bantuan lebih lanjut, dapat menghubungi dukungan pelanggan Instagram jika diperlukan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)