Epson Kolaborasi dengan Partner Gelar Seminar Akselerasi Teknologi Dunia Bisnis

Kamis, 23 November 2023 - 12:29 WIB
loading...
Epson Kolaborasi dengan Partner Gelar Seminar Akselerasi Teknologi Dunia Bisnis
PT Epson Indonesia dan partner ingin menghadirkan percepatan teknologi di dunia bisnis Tanah Air. Foto/DOK. Epson Indonesia
A A A
JAKARTA - Dunia bisnis butuh teknologi agar bisa berakselerasi lebih baik dan berkelanjutan. Hal itu yang diupayakan oleh PT Epson Indonesia saat menggelar seminar bertajuk "Revolution & Transformation for Retail, F&B and Logistics" di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (22/11/2023) ini.

Dalam seminar itu Epson berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan yag memiliki kelebihan di bidangnya masing-masing. Contohnya PT Data Retail Solution yang dikenal sebagai penyedia solusi yang hardware dan software di Tanah Air.

Ada juga UROVO yang berfokus pada Enterprise/Industrial Tablet, PDT dan UHF RFID POS Mobile Computer. Dua perusahaan lainnya juga tak kalah penting yakni CS Software dengan bidang usaha ERP Module dan Datadigi yang berfokus pada POS system.

Salah satu perwakilan Epson Indonesia yakni Erwin Pribadi mengatakan seluruh jajaran produk Epson yang telah dipasarkan di Indonesia dibuat lebih ramah lingkungan.

Dia menyebutkan, sejumlah produknya sudah memiliki lisensi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), yang mana kehadiran produk tersebut mencerminkan komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan industri lokal dan meningkatkan kontribusi Epson terhadap ekonomi nasional.

"Salah satunya printer kami yang dipasarkan saat ini dibuat dengan bahan daur ulang plastik, tetapi kami rancang dengan teknologi canggih. Ini sebagai bentuk peran kami menciptakan kehidupan yang lebih baik," ungkap Erwin.

"Selain ramah lingkungan, produk seperti printer juga dibekali dengan fitur-fitur yang canggih. Printer ini bisa mengoptimalkan produktifitas kantor," timpalnya.



Selain itu, Epson juga memperkenalkan Printing Management Solution yang merupakan perangkat untuk mengelola pencetakan secara efisien dana bisa memudahkan penggunanya seperti pemantauan dan perbaikan, dan memberikan solusi digitalisasi yang praktis.

"Produk kami merupakan solusi yang kuat dan terjangkau," imbuhnya.

Dia menuturkan seminar ini memberikan pandangan yang mendalam bagaimana Epson Indonesia terus berupaya menjadi pelopor dalam inovasi menghadirkan produknya. Dia pun optimistis kehadiran jajaran produk Epson di Indonesia sudah memenuhi regulasi yang diterapkan oleh pemerintah dan akan terima dengan baik oleh masyarakat.

"Kami berharap melalui kegiatan ini dapat menginspirasi untuk berpikir kreatif dan berinovasi dalam menghadapi revolusi teknologi," tandas Erwin.

Sementara itu dari perwakilan Data Retail Solution, Yuri Risman mengatakan, dengan makin berkembangnya teknologi maka juga semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan.

Salah satunya adalah teknologi informasi. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Tanpa adanya teknologi informasi mungkin perkembangan yang terjadi tidak akan semaju ini.

"Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer)," urainya.



Yuri Risman mengatakan PT Data Retail Solution menawarkan jasa perangkat lunak (software) untuk setiap perusahaan dengan harga yang terjangkau. "Kalau soal harga bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen," ujarnya.

Menurut dia, harga yang ditawarkan sudah termasuk dengan garansi sejak pemakaian jasa software tersebut. "Garansi juga bisa disesuaikan semua, minta konsumen tambahin lagi itu bisa, itu sudah dibayar di awal," ungkapnya.

Yuri pun mengaku bahwa saat ini perusahaan yang fokus di bidang IT ini sudah memiliki lebih dari seratus pelanggan yang sudah mempercayakan software tersebut.

Pada perwakilan UROVO melalui Mr. Phill, mereka menghadirkan Enterprise Tablet (P8100P) dan Enterprise Mobile Computer yang sudah dilengkapi UHF RFID (DT50P). Kedua perangkat ini sudah dilengkapi IP67 sealing dan ketahanan terhadap jatuh hingga 1,2 meter.

Pada pemaparan berikutnya dari CS Indonesia, Stepphira mengatakan Industri 4.0 saat ini sangat membutuhkan sebuah platform yang dapat mengumpulkan dan mengevaluasi data realtime secara komprehensif dengan menggunakan CS Business Software yang menawarkan Perencanaan Produksi Lanjutan, Akuntansi Keuangan, Manajemen Gudang, Manajemen Proyek, Eksekusi Manufaktur, dan juga Portal Salesman secara mobile.

Melalui Ashari, Datadigi Indonesia yang berfokus pada POS system ikut menawarkan produk-produk yang mendukung transformasi dan revolusi digital, seperti Android POS, Timbangan Digital dan juga sebuah system 'self-order' yang mungkin mulai banyak kita temui di salah satu restoran cepat saji.

Kegiatan seminar seperti ini penting untuk dilakukan sebagai wadah menyalurkan informasi ataupun update teknologi kepada pelaku industri, sehingga ke depannya dapat mengoptimalkan kehidupan yang berkelanjutan melalui revolusi dan tranformasi teknologi digital di masa sekarang ini.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)