OpenAI Gratiskan Fitur Voice Chat di ChatGPT, Pengguna Nggak Perlu Mengetik

Kamis, 23 November 2023 - 07:33 WIB
loading...
OpenAI Gratiskan Fitur Voice Chat di ChatGPT, Pengguna Nggak Perlu Mengetik
OpenAI terus memberikan fitur tambahan agar pengguna tetap setia dengan ChatGPT. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - OpenAI kini menggratiskan fitur Voice Chat yang ada di ChatGPT . Apa saja manfaatnya?

Bagi Anda yang belum pernah mencoba aplikasi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), ChatGPT sebaiknya mulai melakukannya sekarang. Sebab, OpenAI--perusahaan pembuat ChatGPT--justru mulai memperbanyak beberapa fitur gratis yang ada di aplikasi tersebut.

Dilaporkan Android Authority, Kamis (23/11) ini fitur gratis yang bisa dicoba oleh pengguna adalah Voice Chat. Fitur komunikasi tersebut kini bisa diakses dengan bebas tanpa harus khawatir dikenakan biaya.

"Jadi, alih-alih mengetikkan pertanyaan Anda ke dalam kolom teks, kini Anda dapat mengetuk tombol dan menanyakan pertanyaan Anda kepada ChatGPT secara lisan. Chatbot AI mengubah ucapan Anda menjadi teks dan memasukkannya ke dalam Model Bahasa Besar atau Large Language Model (LLM)," terang Android Authority.

Komunikasi dua arah itu tentu akan sangat menarik. Nantinya pengguna seperti memiliki Google Assistant atau Alexa. Bedanya kemampuan atau kecerdasan dalam memberikan informasi yang ditawarkan robot ChatGPT jauh lebih tinggi.

Untuk memulai obrolan suara di ChatGPT, Anda perlu melakukan beberapa langkah dulu. Pertama tentu saja mengunduh aplikasi ChatGPT yang tersedia di Apple App Store dan Google Play Store.

Setelah aplikasi terunduh, pengguna diharuskan masuk ke pengaturan dan mengakses menu Fitur Baru dan mengaktifkan percakapan suara. Setelah itu ketuk tombol headphone di pojok kanan atas layar beranda dan pilih suara yang disukai dari lima suara berbeda.

Sementara dalama situs resmi Open AI disebutkan bahwa fitur suara yang ada di ChatGPT menawarkan banyak hal menarik. Mereka mengklaim fitur tersebut sama seperti ketika pengguna mengakses ChaGPT secara tradisional yakni mengetik.



Kemampuan yang dimiliki juga tetap sama meski dilakukan dalam bentuk suara. "Fitur ini memungkinkan Anda melakukan percakapan suara atau menunjukkan kepada ChatGPT apa yang Anda bicarakan. Suara dan gambar memberi Anda lebih banyak cara untuk menggunakan ChatGPT dalam hidup Anda. Ambil gambar suatu tempat terkenal saat bepergian dan lakukan percakapan langsung tentang apa yang menarik dari tempat tersebut,"jelasOpenAI.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)