MediaTek Hadirkan Chipset Baru Dimensity 8300 Ditenagai AI Generatif

Selasa, 21 November 2023 - 21:35 WIB
loading...
MediaTek Hadirkan Chipset Baru Dimensity 8300 Ditenagai AI Generatif
MediaTek kembali menghadirkan chipset baru untuk smartphone kelas menengah yang ditenagai AI generatif, yaitu Dimensity 8300. Foto/PhoneArena
A A A
HSINCU - MediaTek kembali menghadirkan chipset baru untuk smartphone kelas menengah yang ditenagai AI generatif, yaitu Dimensity 8300. Penambahan AI generatif pada chipset seri Dimensity 8000 bertujuan menghadirkan pengalaman yang unggul ke pasar ponsel pintar 5G kelas menengah.

Chipset smartphone Dimensity 8300, menandai terobosannya ke segmen kelas menengah dengan dukungan AI generatif pada perangkat. Chipset terbaru Dimensity 8300 dengan kemampuan AI generatif diklaim meningkatkan kinerja hemat energi, teknologi game adaptif, dan konektivitas cepat.

“Dengan seri Dimensity 8000 MediaTek yang dioptimalkan, konsumen mendapatkan aksesibilitas dan pengalaman premium. Seperti memori kelas unggulan atau kemampuan AI yang dipercepat, dapat memilikinya semuanya,” kata Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek, dikutip SINDOnews dari laman phonearena, Selasa (21/11/2023).



MediaTek menyoroti bahwa silikon APU 780 AI pada chip tersebut mendukung model bahasa besar (LLM) hingga 10 miliar parameter. Perusahaan ini menegaskan peningkatan kecepatan 8x untuk AI generatif berbasis transformator dan peningkatan 2x dalam komputasi integer dan floating-point.

Menurut AI Benchmark v5, terdapat peningkatan signifikan pada performa AI sebesar 3,3x, menjanjikan lompatan besar dalam kemampuan AI untuk perangkat seluler kelas menengah. Dimensity 8300 memperkenalkan dukungan untuk RAM LPDDR5X dengan kecepatan hingga 8.533Mbps, suatu keharusan untuk menjalankan LLM secara efektif.

Dibuat pada proses 4nm generasi ke-2 TSMC, chipset ini menawarkan CPU octa-core yang menampilkan empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510 yang dibangun di atas arsitektur CPU v9 terbaru Arm. Konfigurasi ini menghasilkan kinerja CPU 20% lebih cepat dan peningkatan efisiensi daya puncak 30% dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, peningkatan GPU Mali-G615 MC6 di Dimensity 8300 menghasilkan peningkatan kinerja sebesar 60% dan peningkatan efisiensi daya sebesar 55%. Ponsel ramah anggaran yang menggunakan chip ini mungkin merupakan pilihan yang baik bagi para gamer yang cerdas dan memperhatikan dompet mereka.



Berbicara tentang game, chipset baru MediaTek menggabungkan "teknologi game adaptif", yang mengoptimalkan game ponsel cerdas melalui prediksi kinerja AI. Hal ini tidak hanya mengurangi konsumsi daya pada kecepatan maksimum tetapi juga menawarkan perubahan pemandangan 24% lebih cepat.

Termasuk keuntungan pembuatan video pendek juga, dengan pratinjau AR 15% lebih cepat dan rendering 6% lebih cepat dibandingkan alternatif lainnya. Dimensity 8300 juga menghadirkan peningkatan di bagian kamera, mendukung video HDR 4K/60fps (menggantikan video SDR 4K/60fps pendahulunya), perekaman video yang lebih hemat daya, dan fungsionalitas AI-Color.

Bukan hanya itu saja, karena decoding AV1, Bluetooth 5.4, Wi-Fi 6E, dan kemampuan untuk menangani kecepatan refresh hingga 120Hz pada resolusi WQHD+ atau 180Hz pada FHD+ merupakan beberapa fitur yang dimiliki chipset ini.

MediaTek memperkirakan ponsel pertama yang menampilkan Dimensity 8300 akan diluncurkan sebelum akhir tahun. Menurut GSMChina, Redmi K70E, yang diperkirakan akan debut akhir bulan ini, akan menjadi salah satu smartphone pertama yang menampilkan varian Ultra dari Dimensity 8300 baru.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)