10 Tips Bikin Profil LinkedIn Terlihat Profesional dan Dilirik HRD

Senin, 20 November 2023 - 14:17 WIB
loading...
10 Tips Bikin Profil LinkedIn Terlihat Profesional dan Dilirik HRD
Membuat profil LinkedIn agar terlihat seperti profesional penting dipahami mereka yang sedang mencari kerja. Foto: LInkedin
A A A
JAKARTA - Tips membuat profil LinkedIn agar terlihat seperti profesional cukup mudah. Hanya perlu melakukan beberapa tips ini, profil LinkedIn kalian langsung akan terlihat seperti akun profesional.

LinkedIn itu sendiri merupakan jaringan profesional online terbesar di dunia. Dengan membuat akun pada LinkedIn kalian bisa menemukan lowongan pekerjaan dan kesempatan magang, terhubung dan memperkuat hubungan profesional, serta bisa mempelajari keahlian yang dibutuhkan demi kesuksesan karier Anda.

Bagi Anda yang sedang memajukan karier, Anda bisa memanfaatkan kekuatan LinkedIn untuk memasuki jaringan profesional, perusahaan, dan grup di industri dan di luar industri mereka.

Berikut 10 Tips Membuat Profil LinkedIn Terlihat Profesional

1. Buat Professional Headline dan Summary yang Menarik

Cara membuat profil linkedin menarik selanjutnya yaitu membuat professional headline terletak di bagian atas profil dan dapat diisi hingga 120 karakter untuk mendeskripsikan pekerjaan Anda.

2. Isi Kolom pengalaman (experience)

Cantumkan posisi dan tempat pekerjaan Anda serta lama Anda bekerja serta deskripsi dari pekerjaan Anda bisa mencantumkan posisi pekerjaan sebelum Anda bekerja di tempat yang saat ini.

3. Tambahkan berbagai macam skills

Mencantumkan skills yang kamu miliki. baik soft skills maupun hard skills. Pastikan skills yang kamu cantumkan bisa dipertanggungjawabkan.

4. Aktifkan Mode Terbuka untuk Penerimaan Pesan

Pastikan mode terbuka diaktifkan sehingga perekrut atau pihak yang berpotensi tertarik dengan profilmu dapat mengirimkan pesan dengan mudah.

5. Tetapkan Tujuan Jangka Panjang

Selalu memiliki tujuan jangka panjang dalam pikiran ketika mengoptimalkan profil. Hal ini penting untuk dilakukan agar bisa menjaga konsistensi ketika menggunakan LInkedIn. Sehingga, kamu akan tetap menjaga ritmemu untuk membuat konten yang relevan, mengikuti kursus yang menunjang skill.

6. Pasang Foto Profil Bergaya Profesional

Foto profil adalah hal pertama yang dilihat orang ketika mengunjungi profil LinkedIn. Jadi, pastikan sudah memenuhi kriteria berikut untuk foto yang kamu pilih ya (resolusi HD, tidak buram, dan terlihat jelas).

7. Buat Judul Profil yang stand out

Gunakan judul yang spesifik, menunjukkan apa yang kamu lakukan/bidang industrinya. Contoh: "Front-end Developer specializing in React.js".

8. Minta Rekomendasi dari Koneksi / relasi

Minta rekomendasi dari rekan kerja, atasan terdahulu, atau jika belum ada bisa dari rekan organisasi hingga dosen (jika memungkinkan) untuk memberikan referensi positif tentang kamu.

9. Perbarui profile secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profil secara berkala, terutama ketika kamu memiliki pencapaian/pengalaman baru.


10. Pamer keahlian

Anda bisa menunjukan bidang keahlian dan tidak sekedar pamer dengan kata-kata tertentu tetapi dengan jawaban dari pertanyaan yang diajukan oleh LinkedIn sendiri atau para pengguna lain serta dapat bertanggung jawab dengan apa yang dipamerkan.

Demikianlah tips yang bisa Anda ikuti demi untuk membuat profil akun LinkedIn Anda terlihat lebih profesional lagi dan banyak HRD yang melihat atau mengunjungiprofilAnda.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)