5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI, Makin Sempurnakan Pencarian Jalan

Jum'at, 17 November 2023 - 08:38 WIB
loading...
5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI, Makin Sempurnakan Pencarian Jalan
Google Maps menambahkan lima fitur baru berbasis artificial intelligent untuk memuaskan penggunanya. (Foto: Foxnews)
A A A
JAKARTA - Google Maps dikenal sebagai salah satu aplikasi navigasi terpopuler dan banyak digunakan di dunia. Google pun menambahkan lima fitur baru berbasis artificial intelligent (AI) untuk memuaskan penggunanya.

Melansir Foxnews, Jumat (17/11/2023), salah satu fitur baru paling mengesankan adalah Immersive View, yang memungkinkan pengguna melihat rute dalam tampilan 3D. Tampilannya pun menjadi realistis dan rinci. Begit pula tampilan landmark dan rambu petunjuk sebelum memulai perjalanan.

Penjelajahan tempat-tempat berbeda dan melihat tampilan secara real-time menjadi keunggulan. Fitur ini sangat berguna untuk area yang tidak dikenal atau kompleks saat tersesat atau tengah kebingungan menentukan arah.

Pembaruan fitur lainnya berupa Pencarian Google Maps yang menggunakan AI untuk membantu menemukan lokasi relevan berdasarkan preferensi, kebutuhan, dan konteks perjalanan. Misalnya, ketika pengguna mencari restoran, Google Maps akan menunjukkan opsi yang sesuai dengan selera serta anggaran.



Foto dan ulasan yang dikirim oleh pengguna untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang apa yang diharapkan juga kini ditampilkan. Pengguna dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan berbagai kriteria, seperti peringkat, masakan atau jarak.

Navigasi Google Maps juga mendapatkan dukungan AI, dengan panduan jalur dan informasi lalu lintas yang diperbarui. Pengguna dapat melihat jalur mana yang diambil untuk arah keluar atau belokan, dan seperti apa jalur-jalur itu nantinya.

Pengguna juga akan mendapatkan pembaruan real-time tentang kondisi jalan, kecelakaan, dan kemacetan, sehingga dapat merencanakan rute secara sesuai. Google Maps juga akan menyarankan rute alternatif jika ada cara yang lebih cepat atau lebih mudah untuk mencapai tujuan.

Jika memiliki kendaraan listrik, fitur baru Google Maps menambahkan lebih banyak informasi tentang stasiun pengisian daya kendaraan listrik ke aplikasinya. Aplikasi ini akan menunjukkan di mana stasiun pengisian daya terdekat, jenis pengisi daya yang mereka miliki, seberapa cepat mereka dapat mengisi baterai, dan kapan terakhir kali mereka digunakan. Pengguna juga akan dapat melihat apakah stasiun pengisian daya itu tersedia atau terisi, sehingga tidak membuang waktu atau energi.

Sebagai bagian dari pembaruan, Google mengganti nama fitur "Search with Live View" menjadi "Lens in Maps." Fitur ini menggunakan AI untuk mengenali dan memberi label pada objek dan tempat dalam tampilan kamera, seperti ATM, stasiun transit, restoran, kedai kopi, dan toko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)