Fitur Baru YouTube Memungkinkan Ide Anda Dinyanyikan Vokalis Terkenal

Jum'at, 17 November 2023 - 08:30 WIB
loading...
Fitur Baru YouTube Memungkinkan Ide Anda Dinyanyikan Vokalis Terkenal
YouTube bakal segera menghadirkan fitur menarik Dream Track yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. Foto: YouTube
A A A
JAKARTA - YouTube bakal segera menghadirkan fitur menarik Dream Track yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Ada kabar baik bagi Anda yang penasaran bisa bekerja sama dengan vokalis idaman. Dilaporkan Tech Radar, Jumat (17/11) ini YouTube baru saja melakukan uji coba fitur baru bernama Dream Track.

Fitur yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) itu akan memungkinkan Anda bekerja sama dengan vokalis idaman dalam kerja bareng membuat lagu.

"Dream Track sudah bekerja sama dengan sembilan musisi mainstream untuk menghasilkan trek musik berdurasi 30 detik untuk YouTube Shorts," sebut Tech Radar.

Tidak main-main beberapa musisi yang dilibatkan memang memiliki nama besar seperti John Legend, Sia, hingga T-Pain. Jadi jika Anda misalnya penasaran ingin bekerja sama dengan John Legend bisa diwujudkan dengan Dream Track.

Cara memanfaatkan Dream Track sendiri sangat mudah. Sama seperti saat Anda menggunakan chatbot atau robot percakapan seperti ChatGPT. Anda tinggal memasukkan keyword tertentu yang bisa menggambarkan lagu yang Anda inginkan ke prompt yang ada di Dream Track.

Selanjutnya Anda bisa memilih vokalis atau penyanyi yang Anda inginkan. Setelahnya vokalis yang dipilih akan langsung menyanyikan lagu berdasarkan ide menarik Anda.

Caranya sendiri sudah diunggah oleh YouTube melalui video pendek. Di video itu dijelaskan dengan detail langkah-langkah membuat lagu impian dari vokalis idaman.

Di video itu diperlihatkan seorang pengguna yang mengirimkan ide untuk dinyanyikan oleh T-Pain. Dalam waktu dekat, YouTube sendiri akan mencoba langsung Dream Track ke beberapa kreator konten yang ada di Amerika Serikat.



Sayangnya mereka belum memutuskan apakah nantinya fitur menarik tersebut bisa diberikan ke negara-negara lainnya. Sebelumnya Bloomberg menyebutkan bahwa YouTube sedang mengerjakan teknologi AI yang memungkinkan pembuat konten memproduksi lagu menggunakan suara penyanyi terkenal.

Hanya saja saat itu negosiasi antara YouTube dengan label rekaman berjalan alot. Hanya saja Dream Track sepertinya jadi bukti bahwa negosiasi itu sudah berakhir dengan kerja samayangmenarik.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)