Humane Perkenalkan Ai Pin, Perangkat Komunikasi Canggih Pengganti Smartphone

Minggu, 12 November 2023 - 21:05 WIB
loading...
Humane Perkenalkan Ai Pin, Perangkat Komunikasi Canggih Pengganti Smartphone
Perusahaan teknologi Humane memperkenalkan Ai Pin, perangkat komunikasi berupa pin kecil bertenaga AI, yang dapat dipasang ke pakaian untuk menggantikan smartphone. Foto/Huntandhawk/Humane
A A A
WASHINGTON - Perusahaan teknologi Humane memperkenalkan Ai Pin, perangkat komunikasi berupa pin kecil bertenaga AI, yang dapat dipasang ke pakaian untuk menggantikan smartphone. Perangkat ini terdiri dari komputer utama dan booster baterai, dilengkapi kamera, mikrofon, speaker, dan touchpad.

Ditenagai prosesor Snapdragon 2,1 GHz yang dilengkapi Qualcomm AI Engine, Ai Pin memiliki beragam fitur AI sehingga pengguna dapat mengoperasikan dengan berbagai cara. Pengguna dapat mengontrol perangkat menggunakan suaran setelah mengetuknya dengan dua jari.

Dari sana, pengguna bisa mendapatkan korespondensi seperti pesan teks dan email yang dibacakan kepada mereka. Beberapa kegunaan perangkat AI ini antara lain berfungsi sebagai penerjemah bahasa asing dan mengidentifikasi informasi nutrisi makanan secara real time.



Ai Pin juga dapat membuat dan mengirim pesan ke kontak sesuai nada suara pengguna. Perangkat ini dilengkapi bantalan pengisi daya, wadah pengisi daya, dua penguat baterai, kabel, dan adaptor.

Ai Pin sudah mulai dipasarkan pada 16 November 2023 di AS, dalam tiga warna, yaitu Eclipse hitam, Equinox perak, dan Lunar serba putih seharga USD699 atau Rp11 juta. Harganya masih cukup mahal, namun Ai Pin menjanjikan sejumlah kecanggihan yang membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari.
Humane Perkenalkan Ai Pin, Perangkat Komunikasi Canggih Pengganti Smartphone


Ai Pin merupakan perangkat mandiri yang tidak memerlukan ponsel cerdas untuk beroperasi. Touchpad bukan satu-satunya cara untuk mengontrol Pin AI karena dilengkapi layar tinta laser yang ditampilkan di telapak tangan pengguna sebagai backdrop.

Pengguna cukup membuka telapak tangan untuk melihat menu yang dapat dikontrol dengan memiringkan dan memutar tangan atau menutup jari. Pengguna dapat memproyeksikan teks dan informasi lainnya di telapak tangan, tidak membutuhkan layar seperti smartphone.



Pin AI unik ini dilengkapi fungsi Bluetooth 5.1, sehingga Anda dapat memasangkannya dengan headphone nirkabel dan Wi-Fi 5, yang menawarkan koneksi 2,4GHz dan 5GHz. Ai pin juga memiliki kamera 13MP dengan resolusi 4208x3120 piksel dan bidang pandang ultra lebar 120 derajat.

Beberapa fitur AI Pin lainnya termasuk akselerometer, giroskop, GPS, sensor 3D, RAM 4GB, dan penyimpanan 32 gigabyte. AI Pin berisi asisten virtual yang didukung teknologi OpenAI dan kekuatan komputasi awan dari Microsoft.
Humane Perkenalkan Ai Pin, Perangkat Komunikasi Canggih Pengganti Smartphone


“AI Pin adalah perwujudan visi kami untuk mengintegrasikan AI ke dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan tanpa menutupi rasa kemanusiaan,” kata pasangan suami istri Imran Chaudhri dan Bethany Bongiorno yang memimpin Humane dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Minggu (12/11/2023).

Imran Chaudhri yang berasal dari London merupakan mantan karyawan Apple, dan istrinya Bethany Bongiorno, yang bertemu di Apple saat bekerja di iPad. Pasangan menciptkan Ai Pin karena ingin menghilangkan hambatan pada aplikasi, ponsel pintar dengan layar besar.



AI Pin merupakan perangkat keras yang berdiri sendiri, sehingga tidak perlu dipasangkan dengan smartphone atau perangkat pendamping lainnya. Gadget ini memiliki berat 54 gram, sekitar sepertiga atau seperempat dari berat rata-rata smartphone, dan memiliki daya tahan baterai yang tahan sepanjang hari.

“Kami bangga akhirnya mengungkap apa yang telah kami dan tim kerjakan di Humane selama empat tahun terakhir. Bagi kami, AI Pin hanyalah permulaan,” kata mereka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3105 seconds (0.1#10.140)