Siap-siap! Mulai 1 Desember Google Hapus Akun Gmail yang Tak Aktif

Minggu, 12 November 2023 - 07:39 WIB
loading...
Siap-siap! Mulai 1 Desember Google Hapus Akun Gmail yang Tak Aktif
Google berencana menghapus akun dan foto Gmail yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Foto/TechSpot
A A A
MENLO PARK - Google berencana menghapus akun dan foto Gmail yang tidak aktif mulai 1 Desember 2023. Google mendefinisikan akun tidak aktif sebagai akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu dua tahun.

Jika Anda belum masuk atau melakukan aktivitas apa pun di akun Google selama dua tahun, Google akan menganggapnya tidak aktif. Kebijakan ini hanya berlaku untuk akun pribadi, bukan akun yang terkait dengan perusahaan, sekolah, atau organisasi lain.

Setelah dianggap tidak aktif, mulai 1 Desember, Google dapat menghapus seluruh konten dan data akun. Seperti yang ditunjukkan Forbes, ini mencakup sejumlah informasi yang disimpan oleh Google, termasuk Google Foto, acara Google Kalender, Google Dokumen, dan email.



Sebelum melakukan penghapusan seluruh konten, Google akan mengirimkan notifikasi ke akun tersebut dan email pemulihan jika ada. “1 Desember 2023 adalah tanggal paling awal penghapusan Akun Google karena kebijakan ini,” keterangan Google dikutip SINDOnews dari laman mashable, Minggu (12/11/2023).

"Produk Google berhak menghapus data Anda ketika akun Anda tidak digunakan dalam produk tersebut selama jangka waktu 2 tahun," kata Google dalam Kebijakan Akun Google Tidak Aktifnya.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk hal ini, seperti jika akun Anda digunakan untuk membeli sesuatu di Google Play Store atau jika akun Anda memiliki kartu hadiah dengan saldo aktif. Jadi, jika Anda memiliki akun Gmail yang sudah lama tidak digunakan dan tidak ingin Google menghapus semua yang terkait dengannya, pastikan untuk masuk sebelum 1 Desember.



Raksasa teknologi ini mempertimbangkan tindakan seperti masuk di antaranya membaca atau mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, berbagi foto, mengunduh aplikasi, dan mencari saat masuk untuk menjadi aktivitas.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)