Google Hapus Akun Tidak Aktif Lewat dari 2 Tahun

Rabu, 17 Mei 2023 - 17:53 WIB
loading...
Google Hapus Akun Tidak Aktif Lewat dari 2 Tahun
Ilustrasi gmail. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Google akan menghapus akun lama milik pribadi yang dinilai tidak aktif selama dua tahun, untuk menghindari risiko keamanan. Namun, untuk akun bisnis dan sekolah, dipastikan akan aman.

Dilansir dari NPR, akun yang diabaikan adalah yang menggunakan kata sandi lama atau berulang.

"Artinya, akun-akun ini seringkali rentan, dan begitu akun dikompromikan, dapat digunakan untuk apa pun dari pencurian identitas, hingga vektor untuk konten yang tidak diinginkan atau bahkan jahat, seperti spam," kata Ruth Kricheli, wakil Presiden Manajemen Produk Google, dikutip dari NRP, pada Rabu (17/5/2023).



Akun yang dihapus, akan kehilangan seluruh datanya di Gmail, Google Drive dan Documents, Google Foto, Google Calendar, dan YouTube. Namun, kebijakan itu dikecualikan untuk akun bisnis dan sekolah.

"Kebijakan ini berlaku untuk akun Google pribadi," sambungnya.

Sebelum dilakukan penghapusan, Google akan mengirim beberapa pemberitahuan ke akun yang tidak aktif agar melakukan pemulihan email yang terkait dengan akun tersebut.



Penghapusan akan dimulai, pada bulan Desember awal, dan akun yang dibuat dan tidak pernah digunakan lagi akan dihapus terlebih dahulu. Untuk menjaga akun tetap aktif, pengguna harus masuk.

"Ini termasuk login ke situs web dan aplikasi pihak ketiga," sambungnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)