Fitur Baru WhatsApp, Bisa Sembunyikan Lokasi selama Panggilan

Sabtu, 11 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Fitur Baru WhatsApp, Bisa Sembunyikan Lokasi selama Panggilan
Opsi baru ini menyembunyikan alamat IP dari pihak lain dengan me-relay panggilan melalui Server WhatsApp. (Foto: Android Authority)
A A A
JAKARTA - Meta menambahkan opsi baru untuk WhatsApp, yaitu 'Lindungi Alamat IP dalam Panggilan' yang membantu menyembunyikan lokasi pengguna dari pihak lain yang berada dalam panggilan.

Opsi baru ini menyembunyikan alamat IP dari pihak lain dengan me-relay panggilan melalui Server WhatsApp, memastikan bahwa pihak lain dalam panggilan tidak dapat melihat alamat IP dan selanjutnya menduga lokasi geografis umum.

"Sebagian besar produk panggilan yang digunakan orang saat ini memiliki koneksi peer-to-peer antara partisipan. Koneksi langsung ini memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan kualitas panggilan yang lebih baik, tetapi juga berarti bahwa partisipan perlu mengetahui alamat IP masing-masing," terang WhatsApp dalam sebuah pos blog pada Rabu dikutip dari Gulfnews, Sabtu (11/11/2023).



"Alamat IP dapat mengandung informasi yang beberapa pengguna yang sangat peduli dengan privasi kami pertimbangkan, seperti lokasi geografis umum atau penyedia layanan internet," jelas pihak WhatsApp lagi.

Fitur baru ini diklaim memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan terutama ditujukan untuk pengguna yang paling peduli dengan privasi. Saat menggunakan relai panggilan, perusahaan menyebutkan bahwa pengguna mungkin menemukan penurunan kualitas panggilan dan juga menekankan bahwa "panggilan di WhatsApp dienkripsi end-to-end. Walhasil, tidak ada yang dapat mendengarkan panggilan termasuk operator.

Untuk mengaksesnya, gunakan Pengaturan, kemudian Privasi, setelah itu klik Lanjutan, dan langsung dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Lindungi Alamat IP dalam Panggilan.



Kepala Divisi WhatsApp Will Cathcart menjelaskan bahwa platform pesan populer tersebut dapat menampilkan iklan di Status, fitur mirip Stories platform, dan saluran tetapi tidak di kotak masuk utama.

Dalam wawancara dengan media Brasil, Cathcart mengatakan bahwa perusahaan tidak berencana menempatkan iklan apapun di obrolan utama tetapi dapat menampilkan iklan di tempat lain.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)